Kuasa Hukum Ricky Rizal Berharap Kliennya Bisa Dibebaskan, Apa Pertimbangannya?

Kuasa Hukum Ricky Rizal Berharap Kliennya Bisa Dibebaskan, Apa Pertimbangannya?

Terdakwa Ricky Rizal saat menjadi saksi pada sidang terdakwa Richard Eliezer dan Kuat Ma’ruf-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Erman Umar, kuasa hukum Ricky Rizal berharap kliennya dituntut hukuman bebas dari kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J

Erman mengklaim ada beberapa fakta persidangan yang membuktikan jika Ricky Rizal tak terlibat dalam pembunuhan Brigadir J. 

Erman menyebut fakta pertama yaitu Ricky Rizal menolak untuk memback up Ferdi Sambo maupun menolak untuk menembak Joshua.

"Kedua, Ricky Rizal tidak mengetahui Pembicaraan antara Ferdi Sambo dengan Richard Eliezer menyagkut Joshua," kata Erman kepada wartawan, Senin 16 Januari 2023.

BACA JUGA:Kesehariannya Ferry Irawan Tampak Tak Tempramen, Sahabat Bongkar Fakta Kasus Venna Melinda: Hanya Baju yang Menempel

Selanjutnya, fakta ketiga yaitu Ricky Rizal tidak mengetahui Joshua akan ditembak di Rumah dinas Duren tiga.

Ia menyebut jika Ricky ikut ke Duren Tiga karena diminta Putri Chandrawati mengantar dengan mobil untuk isolasi setelah PCR di Saguling.

"Fakta Keempat, Setelah beberapa menit sampai di Rumah Duren tiga pada saat Ricky Rizal sedang berada di carpot mobil dan Joshua berada dekat taman dipanggil Kuat Makruf dengan Ucapan Kuat Makruf "Om Ricky dan Om Joshua dipanggil bapak"," ujarnya. 

Erman menjelaskan fakta kelima yakni kliennya berjalan melalui dapur dan berada di posisi paling belakang.

Saat itu Ricky melihat Brigadir J berada di dekat tangga menghadap ke Ferdy Sambo sejajar dengan Bharada E. Jarak Ricky dengan Bharada E, kata Erman, sekitar 2 meter.

"Ricky karena paling belakang masuk hanya mendengar Ferdy Sambo bilang ke Joshua 'jongkok-jongkok,' sementara Joshua jawab 'ada apa ini ada apa ini' sementara Richard Eliezer sudah siap dengan pistol langsung menembak 3 hingga 4 kali," kata Erman.

BACA JUGA:Jelang Sidang Tuntuan, Ferdy Sambo Berharap Ada 'Keadilan'

"Ricky karena paling belakang saat masuk hanya mendengar Ferdy Sambo bilang ke Yosua untuk jongkok. Sementara Yosua menanyakan apa yang terjadi, dan Richard Eliezer sudah siap dengan pistol kemudian langsung menembak 3 sampai 4 kali. Kejadian ini membuat Ricky Rizal terguncang, bengong dan tidak bisa bicara," tutupnya. 

Atas pertimbangan itulah, tim kuasa hukum Ricky Rizal berharap agar kliennya bisa dihukum bebas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: