Belum Puas Dapat Tank Leopard 2 dan M1 Abrams, Zelensky Minta Jet Tempur F-16 ke AS

Belum Puas Dapat Tank Leopard 2 dan M1 Abrams, Zelensky Minta Jet Tempur F-16 ke AS

Tank Leopard/ilustrasi-twitter@iEndure_4evr -twitter@iEndure_4evr

Namun, AS tidak akan mengirimkan tank yang sudah tersedia. Mereka akan membeli tank baru dengan dana bantuan yang sudah disediakan untuk Ukraina.

Dengan demikian, mereka membutuhkan waktu lebih. Menurut pejabat itu, tank bantuan AS belum akan tiba di medan perang dalam beberapa bulan ke depan.

Sementara itu, Jerman juga menegaskan bahwa mereka akan mengirimkan 14 tank Leopard 2 ke Ukraina, tapi armada itu baru akan tiba paling cepat tiga bulan lagi.

Sebab berdasarkan undang-undang Jerman, ekspor ulang senjata buatan dalam negeri mereka memang memerlukan izin dari pemerintah Berlin.

Selain itu, Jerman juga mengizinkan negara-negara lain jika ingin mengirimkan tank Leopard 2 untuk membantu Ukraina melawan Rusia.

Sedangkan permintaan untuk menambah tank diharapkan sebagian terpenuhi, karena keputusan Jerman ini dapat membuka tawaran pengiriman tank dari Finlandia, Spanyol, Belanda, Portugal, Polandia, dan Norwegia. 

Negara-negara itu dapat menyediakan Ukraina dengan mesin Leopard 2A6 buatan Jerman dari pasokan sendiri.

BACA JUGA:Daftar Harga HP iPhone Terbaru per Januari 2023, iPhone 11 64GB Rp 7.249.000

Jerman mengatakan, belum menerima permintaan apa pun, kecuali Polandia, untuk otorisasi ekspor ulang tank Leopard 2. Namun pihak lain mungkin akan membuat pengumuman tentang rencana pengiriman dalam beberapa hari mendatang.

"Koalisi tank terbentuk. Setiap orang yang meragukan ini bisa terjadi melihat sekarang: untuk Ukraina dan mitra tidak mungkin ada apa-apa," kata Kuleba dikutip dari The Guardian.

"Saya meminta semua mitra baru yang memiliki tank Leopard 2 untuk bergabung dalam koalisi dan menyediakan sebanyak mungkin. Mereka bebas sekarang," pungkasnya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: