Doa-Doa Menyambut Ramadhan 2023, Simak Bacaan dan Artinya

Doa-Doa Menyambut Ramadhan 2023, Simak Bacaan dan Artinya

ilustrasi berdoa-Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ramadhan merupakan bulan suci bagi umat Islam di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Kehadiran bulan Ramadhan, telah ditunggu-tunggu kaum muslimin lantaran sangat mulia untuk memperbanyak amalan baik yang diajarkan Rasulullah SAW.

Bahkan Rasulullah SAW semasa hidupnya menjadi salah satu yang sangat menunggu kehadiran Ramadhan.

BACA JUGA:38 Ribu Produk Sudah Tersertifikasi Halal, BPJPH: Termasuk Mixue

Rasulullah SAW menyambut Ramadhan dengan mempersiapkan diri agar bisa maksimal beribadah di bulan penuh keberkahan tersebut.

Di antaranya, Rasulullah memunajatkan doa-doa menyambut Ramadhan.

Atas dasar itu, Imam al-Nawawi dalam al-Majmu’ Syarah al-Muhadzdzab mensunnahkan membaca doa ketika melihat hilal atau mengetahui tanda awal Ramadhan:

يستحب أن يدعو عند رؤية الهلال بما رواه طلحة بن عبيد الله رضي الله عنه أن النبي صلى الله عليه وسلم كان  إذا رأى الهلال قال اللهم أهله علينا باليمن والإيمان والسلامة والإسلام ربي وربك الله

"Allâhumma ahillahu ‘alainâ bil yumni wal îmani was salâmati wal islâm. Rabbî wa rabbukallâh"

Artinya, “Ya Allah jadikanlah hilal (bulan) ini bagi kami dengan membawa keberkahan, keimanan, keselamatan, dan keislaman. Tuhanku dan Tuhanmu (wahai bulan) adalah Allah.”

Doa ini dianjurkan ketika melihat hilal sebagaimana dikisahkan Thalhah Ibn ‘Ubaidillah bahwa Nabi SAW saat melihat hilal membaca doa di atas.

BACA JUGA:Ini Rangkaian Lengkap Rencana Perjalanan Ibadah Haji 2023

Hadis di atas diriwayatkan oleh Imam al-Tirmidzi dan masih banyak hadis lain yang menjelaskan do’a Nabi SAW ketika masuk Ramadhan atau melihat hilal.

Berdasarkan hadis tersebut, disunnahkan membaca do’a yang dilafalkan Nabi itu ketika melihat hilal Ramadhan atau setelah diumumkan bulan Ramadhan telah tiba.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: