189 Warga DKI Jakarta Mengungsi Akibat Hujan Lebat

189 Warga DKI Jakarta Mengungsi Akibat Hujan Lebat

Evakuasi di Banjir Kanal Barat, Tambora.-Ist-

JAKARTA, DISWAY. ID - Hujan yang melanda sejak Minggu, 26 Februari 2023 hingga Senin, 27 Februari 2023 mengakibatkan munculnya genangan air dibeberapa wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya. 

Oleh sebab itu, 189 warga Jakarta terpaksa diungsikan ke beberapa titik pengungsian yang disiapkan oleh pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). 

"Ada 67 Kepala Keluarga (KK) atau 189 warga di DKI Jakarta yang mengungsi," ujar Kepala BPBD DKI Jakarta, Isnawa Adji saat dikonfirmasi, Selasa, 28 Februari 2023.

BACA JUGA:Wilayah DKI Jakarta Alami Genangan Akibat Guyuran Hujan, BPBD Turun Tangan

Berikut daftar pengungsi di setiap kelurahan yang didata oleh BPBD DKI Jakarta:

1. Kelurahan Kembangan Utara, terdapat 15 KK atau 22 jiwa di Musholla Nurul Muslimin. 

2. Kelurahan Duri Kosambi terdapat 21 KK atau 95 jiwa di Baitul Khoir. 

3. Kelurahan Kedoya Utara terdapat 31 KK atau 72 jiwa di Masjid Al Hidayah. 

Sebagaimana diketahui, berdasarkan informasi dari BMKG, hujan dengan intensitas yang sangat lebat terjadi di sekitar wilayah Sunter Hulu (105 mm), StaKlim Banten (105 mm), dan Pompa Arcadia (100 mm) serta intensitas lebat (50-100 mm/hari) di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya.

BACA JUGA:Wilayah DKI Jakarta Alami Genangan Akibat Guyuran Hujan, BPBD Turun Tangan

Dengan kondisi yang seperti itu menyebabkan kenaikan status siaga Bendung Katulampa, Pintu Air Manggarai, Pos Angke Hulu, Pos Sunter Hulu dan Pintu Air Karet menjadi Siaga 3 (Waspada), serta genangan di wilayah DKI Jakarta.

Oleh sebab itu, pihaknya telah melakukan berbagai upaya penanganan pada genangan yang terjadi di Wilayah DKI Jakarta. Salah satunya, yakni dengan mengerahkan personel untuk memonitor kondisi genangan di setiap wilayah. 

Tidak hanya itu, lanjut Isnawa, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas SDA, Dinas Bina Marga, Dinas Gulkarmat, untuk melakukan penyedotan genangan serta memastikan tali-tali air berfungsi dengan baik. 

BACA JUGA:Keluarga Ungkap Kondisi David, Membaik dan Bisa Merespons

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: