12 Tradisi Unik di Indonesia dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

12 Tradisi Unik di Indonesia dalam Menyambut Bulan Suci Ramadhan

ilustrasi bulan Ramadhan-Freepik.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Sebagai negara dengan populasi muslim terbanyak di dunia, tentunya banyak juga tradisi-tradisi dari setiap daerah di Nusantara dalam menyambut bulan suci Ramadan.

Hal tersebut banyak yang beranggapan, selain jadi ladang ibadah, bulan suci yang datangnya satu tahun sekali ini juga ikonik dengan berbagai hal yang tentunya harus disambut dengan suka cita dan segala persiapan.

BACA JUGA:Bulan Penuh Berkah! 3 Hikmah Puasa di Bulan Ramadhan Beserta Dalilnya

Segala hal tradisi unik dalam menyambut bulan Ramadhan di Indonesia ini bisa menjadi pembeda dari negara-negara muslim lainya.

Berikut ada 12 tradisi unik dalam menyambut bulan Ramadhan di Indonesia:

1. Munggahan, Jawa Barat

Tradisi menyambut Ramadan di Jawa Barat yang cukup populer adalah Munggahan. Biasanya dilakukan seminggu atau dua minggu sebelum datangnya bulan suci Ramadan.

Aktivitas yang dilakukan masyarakat Sunda adalah berkumpul dengan orang-orang, baik keluarga, tetangga, atau lainnya. 

BACA JUGA:Jelang Puasa Ramadhan, BMKG Sebut Musim Kemarau Akan Tiba Lebih Awal

Agenda utamanya adalah saling bermaafan lalu makan bersama atau istilahnya botram. Tak lupa memanjatkan doa untuk kelancaran ibadah puasa.

Bahkan bersama-sama juga datang ke tempat pemakaman untuk berziarah ke makam keluarga yang lebih dulu meninggalkan dunia.

2. Nyorog, Betawi (Jakarta)

Bagi orang Betawi, tradisi Nyorog juga masih rutin dilakukan jelang bulan puasa Ramadhan. Biasanya orang yang lebih mudah akan memberikan bingkisan kepada yang lebih tua. Tujuannya untuk menghormati yang lebih tua sembari menyambut bulan puasa.

Bingkisan yang diberikan beragam jenisnya, mulai dari makanan, sembako, atau lainnya. Makanannya sendiri juga aneka masakan khas Betawi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: