Indonesia dan Singapura Perkuat Kerjasama Pertahanan dan Ekstradisi Buronan

Indonesia dan Singapura Perkuat Kerjasama Pertahanan dan Ekstradisi Buronan

Sejumlah agenda pembicaraan dalam pertemuan tersebut di antaranya mengenai isu-isu bilateral -Dok kemenhan-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Indonesia dan Singapura melakukan serah terima dokumen kerja sama di bidang pertahanan pasa pertemuan Leader's Retreat di Istana Kepresidenan, Singapura, Kamis 16 Maret 2023.

Serah terima dokumen kerja sama bidang pertahanan tersebut, dilakukan antara Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto dengan Menteri Pertahanan Republik Singapura HE. Dr. Ng Eng Hen.

BACA JUGA:Apa Pengertian Gempa Bumi? Simak Penjelasan, Penyebab, Sampai Dampak yang Ditimbulkannya

Serah terima tersebut juga disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong  

Pertemuan pemimpin (Leader’s Retreat) Indonesia-Singapura dilaksanakan setahun setelah kedua negara menandatangani tiga kesepakatan di Bintan, Indonesia. 

BACA JUGA:Rehabilitasi Rumah Dinas Heru Budi Habiskan Biaya Rp 2.9 Miliar, Pemprov DKI: Angkat Bicara

Sejumlah agenda pembicaraan dalam pertemuan tersebut di antaranya mengenai isu-isu bilateral yaitu pengelolaan wilayah udara, kerja sama pertahanan dan ekstradisi para buronan.

Selain itu, pimpinan kedua negara membahas penguatan kemitraan bilateral yang berwawasan ke depan di berbagai bidang meliputi ekonomi, sosial-budaya dan keamanan.

Adapun Singapura dan Indonesia masih harus bersama-sama meminta persetujuan dari Organisasi Penerbangan Sipil Internasional (ICAO) untuk pengaturan perjanjian Flight Information Region (FIR).

BACA JUGA:Cara Menggambar Pemandangan Alam yang Mudah dan Indah, Ada Contohnya

Sehingga ketiga perjanjian tersebut dapat berlaku secara bersamaan pada tanggal yang disepakati bersama.

Dalam pernyataan pers bersama, Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong mengungkapkan sejumlah harapan dan perkembangan positif kerja sama antara kedua negara termasuk dalam bidang pertahanan, di mana melalui Kementerian Pertahanan akan menegaskan kembali hubungan pertahanan bilateral yang kuat dengan pemutakhiran kerja sama pertahanan Indonesia-Singapura.

BACA JUGA:Kompor! Thierry Henry ke Manchester United: Usahakan Harry Kane, Dia Tak Perlu Adaptasi

“Saya berterima kasih kepada Presiden Jokowi dan para menterinya atas kepemimpinan dan dukungan serta kerja keras dalam meratifikasi perjanjian tersebut. Singapura berharap, dapat melanjutkan kerja sama dengan Indonesia untuk menyelesaikan langkah selanjutnya,” ungkap PM Singapura Lee Hsien Loong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: