Hubinter Polri Jadi Tuan Rumah WG on GTCM, Bahas Kejahatan Antar Negara ASEAN

Hubinter Polri Jadi Tuan Rumah WG on GTCM, Bahas Kejahatan Antar Negara ASEAN

Hubinter Polri menjadi tuan rumah agenda pertemuan negara ASEAN 'The 1 ASEAN Senior Officiais Meeting on Transnational Crime (SOMTO) Working Group on General Transnational Crime Matters (WG on GTCM). -Dok Humas Polri-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Polri menjadi tuan rumah agenda pertemuan negara ASEAN 'The 1 ASEAN Senior Officiais Meeting on Transnational Crime (SOMTC) Working Group on General Transnational Crime Matters (WG on GTCM). 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Polri, Brigjen Ahmad Ramadhan menerangkan mayoritas delegasi negara ASEAN tersebut hadir langsung di Jakarta. 

BACA JUGA:Perry Warjiyo Terpilih Lagi Menjadi Gunernur BI Periode 2023-2028

"Kecuali untuk delegasi Singapura yang mengikuti pertemuan tersebut melalui virtual meeting," kata Ramadhan dalam keterangannya, Senin, 20 Maret 2023.

Jenderal bintang satu itu menjelaskan dalam pertemuan ini membahas tentang mencari langkah dan strategi bersama untuk mengatasi berbagai isu kejahatan transnasional di Asia Tenggara yang semakin kompleks.

"Dengan demikian, SOMTC WG on GTCM diharapkan dapat 'memperkuat kerjasama antar-negara ASEAN dalam menghadapi tantangan kejahatan transnasional dan memperkuat integrasi di kawasan Asia Tenggara," ujarnya. 

BACA JUGA:4 Contoh Kerja Sama ASEAN di bidang Sosial Budaya dan Politik, Simak Baik-baik

Ramadhan menjelaskan, WG on GTCM merupakan Working Group baru di bawah mekanisme ASEAN yang disepakati pembentukannya oleh negara-negara anggota ASEAN pada 2022. Tujuan pembentukannya, untuk membahas isu-isu kejahatan transnasional diluar dan isu-isu yang sudah dibahas di dalam 5 WG SOMTC lain. 

Sebagai informasi, SOMTC telah membawahi lima working groups pada isu counter-terrorism (WG on OT), perdagangan orang (WG on TIP), penyelundupan senjata api (WG on AS), penyelundupan satwa dan kayu ilegal (WG on ITWT), dan kejahatan siber (WG on CC). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: