Saling Terikat, Ini Hubungan Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif

Saling Terikat, Ini Hubungan Ekonomi Kreatif dan Industri Kreatif

KREATIF - Limbah kayu diubah menjadi miniatur mobil mewah. Foto : Yeri Noveli/ Radar Slawi--

JAKARTA, DISWAY.ID - Ekonomi kreatif dan industri kreatif memiliki hubungan yang erat dan saling melengkapi satu sama lain. 

Ekonomi kreatif mencakup berbagai bidang seperti seni, musik, film, teater, desain, mode, dan media kreatif, sedangkan industri kreatif mencakup sektor-sektor ekonomi yang menggunakan keahlian kreatif untuk menghasilkan produk dan jasa.

Salah satu hal yang membedakan ekonomi kreatif dan industri kreatif adalah bahwa ekonomi kreatif lebih fokus pada aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan kreasi dan inovasi, sementara industri kreatif lebih menekankan pada aspek bisnis dan manajemen. Namun, keduanya saling mempengaruhi dan saling membutuhkan.

BACA JUGA:Gudang Impor Pakaian Bekas Dari Pasar Senen Hingga Bekasi Digerebek Aparat

Ekonomi kreatif menjadi dasar bagi industri kreatif karena industri kreatif bergantung pada inovasi dan kreativitas dalam menghasilkan produk dan jasa. 

Tanpa ekonomi kreatif yang berkembang dan kreativitas yang terus-menerus dihasilkan, industri kreatif tidak akan bisa berkembang. 

Sebaliknya, industri kreatif memberikan kesempatan bagi pelaku ekonomi kreatif untuk mengembangkan keahlian mereka dan mendapatkan penghasilan dari aktivitas kreatif yang mereka lakukan.

BACA JUGA:Polda Bali Ringkus 2 Pengepul Pakaian Bekas Impor, Kerugian Capai Miliaran Rupiah

Dalam hal ini, ekonomi kreatif dan industri kreatif memiliki potensi besar untuk menjadi motor penggerak ekonomi yang kuat. 

Sebagai contoh, sektor industri film dan musik yang merupakan bagian dari industri kreatif dapat memberikan kontribusi yang signifikan pada PDB suatu negara. 

Sebagai hasilnya, pemerintah di beberapa negara telah mengambil langkah untuk meningkatkan dukungan terhadap industri kreatif, dengan memberikan insentif fiskal, akses ke modal, dan infrastruktur yang mendukung.

BACA JUGA:Catat Work Coffee di Jakarta Terbaru 2023, Kerja Semangat Redakan Penat!

Dalam era digital, ekonomi dan industri kreatif semakin berkembang dengan adanya internet dan teknologi informasi. 

Munculnya platform digital seperti YouTube, Instagram, dan TikTok telah membuka peluang bagi para pelaku ekonomi kreatif dan industri kreatif untuk memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan keuntungan mereka. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: