Gempa Tektonik M2,5 Dirasakan di Ulubelu Tanggamus dan Sekitarnya

Gempa Tektonik M2,5 Dirasakan di Ulubelu Tanggamus dan Sekitarnya

Posisi gempa Ulubelu Kabupaten Tanggamus dengan Mag:2.5, 24-Apr-22 01:23:53 WIB, Lok:5.35 LS, 104.60 BT (Pusat gempa berada di darat 17km Baratlaut Tanggamus), Kedlmn:10 Km Dirasakan (MMI) II Tanggamus.-BMKG -disway.id

JAKARTA, DISWAY.ID - Wilayah Ulubelu, Kabupaten Tanggamus, Lampung, dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik.

"Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=2,5," terang Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto, dalam keterangan diterima Disway.id Minggu 24 April 2022. 

Hartarto menjelaskan episenter terletak pada koordinat 5.35 LS dan 104.6 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 17 km Barat Laut Tanggamus Lampung pada kedalaman 10 kilometer.

Jenis dan Mekanisme Gempabumi:

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktivitas sesar lokal setempat.

Gempabumi ini dirasakan  di wilayah Ulubelu-Tanggamus dengan Skala Intensitas II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut," terangnya Hartanto. 

Gempabumi Susulan:

Hingga pukul 02:27 WIB, hasil monitoring BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini adalah gempa swarm di daerah Ulubelu dengan adanya 2 aktivitas gempa bumi pendahuluan.

Dengan M1,8 dan M2,1 dan 2 kali gempa susulan dengan M2,3 dan M1,9. Sehingga total kejadian gempa sementara yang terjadi di Ulubelu-Tanggamus berjumlah 5 kejadian gempa.

"Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," terangnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bmkg