Sering Jadi Menu Takjil, Kolang-Kaling Ternyata Kaya Manfaat

Sering Jadi Menu Takjil, Kolang-Kaling Ternyata Kaya Manfaat

Manfaat kolang-kaling ternyata dapat menyembuhkan rasa rematik-Foto/Diolah dari Google-

Sebagai salah satu makanan tinggi serat, kolang-kaling bermanfaat baik untuk menyehatkan saluran pencernaan. Hal ini karena serat di dalam kolang-kaling mampu melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya konstipasi.

2. Mengendalikan kadar gula darah

Manfaat kandungan serat di dalam kolang-kaling selanjutnya adalah menjaga kadar gula darah tetap stabil. Hal ini didukung oleh penelitian yang menunjukkan bahwa serat kolang-kaling memiliki senyawa polisakarida galactomannan yang mampu menurunkan kadar gula darah dan mencegah terjadinya diabetes.

BACA JUGA:Ingin Bertemu Haji Haryanto? Rian Mahendra: Sedang Menempuh Jalan Hidup Masing-Masing

Meski demikian, penelitian tersebut masih terbatas pada uji coba di laboratorium. Oleh karena itu, efektivitas kolang-kaling untuk mengontrol kadar gula darah masih perlu diteliti lebih lanjut.

3. Memelihara kesehatan jantung

Selain menjaga kadar gula darah tetap stabil, senyawa polisakarida galactomannan di dalam kolang-kaling juga dapat menurunkan tekanan darah sekaligus mengurangi kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Kombinasi manfaat tersebut membuat kolang-kaling baik dikonsumsi untuk memelihara kesehatan jantung dan mencegah terjadinya penyakit kardiovaskuler, seperti serangan jantung dan stroke.


Berbuka puasa di MaxOne Hotel Dharmahusada-MaxOne Hotel Dharmahusada-

4. Meredakan nyeri sendi

Beberapa penelitian membuktikan bahwa kolang-kaling mengandung beberapa macam zat antiradang yang mampu meredakan nyeri sendi, salah satunya yang disebabkan oleh osteoarthritis. Bahkan, manfaat kolang-kaling yang satu ini diduga sama efektifnya dengan obat pereda nyeri sendi.

BACA JUGA:Mau Bikin Lemes Setelah Lihat Foto Mesra Bidan Bohay, Suntikan Mantri Malah Buat Kades Mati

Meski demikian, studi mengenai efektivitas manfaat kolang-kaling sebagai pereda nyeri sendi dan dosis aman konsumsinya masih sangat terbatas, sehingga masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

5. Mencegah dehidrasi

Kolang-kaling merupakan salah satu jenis makanan dengan kandungan air tinggi, yaitu sekitar 94%. Kandungan air ini membuat kolang-kaling baik dikonsumsi untuk memenuhi asupan cairan tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: