Selain Tim Tango, Julukan Timnas Argentina La Albiceleste, Ini Maknanya

Selain Tim Tango, Julukan Timnas Argentina La Albiceleste, Ini Maknanya

Para pemain Argentina ketika merayakan juara Piala Dunia 2022. -Twitter/@Argentina-

Warna bendera kebangsaan pun kemudian disadur ke balutan jersey Timnas Argentina. Pertama kali, jersey yang digunakan tim Tango adalah warna biru muda saat melawan Uruguay pada 1902.

Barulah pada tanggal 2 Juli 1908, jersey putih dan biru mulai dikenalkan dan menjadi jersey utama Timnas Argentina hingga saat ini.

Oleh karenanya, julukan La Albiceleste yang lekat dengan Argentina tak lepas dari warna kebesaran mereka sendiri, yakni putih dan biru langit atau Albiceleste.

Warna kebesaran putih dan biru langit atau Albiceleste ini pun banyak memberi tuah kepada Timnas Argentina saat bertanding.

Warna yang sekaligus menjadi identitas warga Argentina itu berhasil membawa La Albiceleste menjuarai Piala Dunia sebanyak dua kali, yakni pada edisi 1978 dan edisi 1986.

Di dua edisi tersebut, Timnas Argentina menggunakan warna kebesaran putih dan biru langit di babak final, sehingga mampu merengkuh dua trofi Jules Rimet di tahun 1978 dan 1986.

Bak kisah mistis, anehnya saat Argentina tak mengenakan warna kebesarannya itu di final Piala Dunia, La Albiceleste gagal menjadi juara.

Hal ini terjadi dua kali, yakni pada Piala Dunia edisi 1990 dan edisi 2014. Di dua final kontra Jerman itu, Argentina kalah di final dengan menggunakan jersey biru tua.

Menyadari adanya ‘kutukan’ jersey biru tua itu, di Piala Dunia 2022 ini Argentina mau tak mau harus menggunakan warna kebesarannya atau Albiceleste jika lolos ke final agar bisa merengkuh gelar ketiganya.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: