Umat Muslim Diingatkan Jelang Minggu Akhir Ramadan : Boleh Berbelanja Tapi Jangan Larut di Situ

Umat Muslim Diingatkan Jelang Minggu Akhir Ramadan : Boleh Berbelanja Tapi Jangan Larut di Situ

MUI menolak wacana pemerintah akan menetapkan tarif pajak dari perjudian-MUI -

JAKARTA, DISWAY.ID-Umat muslim saat ini telah memasuki 10 hari terakhir dalam bulan ramadhan. 10 hari terakhir bulan ramadhan dikenal dengan malam lailatul qodar. 

Banyak umat muslim yang berbondong-bondong untuk dapat meraih malam lailatul qodar tersebut.

Namun di sisi lain, tidak sedikit juga umat muslim di 10 hari terakhir Ramadan ini disibukkan dengan kegiatan berbelanja kebutuhan hari raya Idul Fitri 1444 H

BACA JUGA:4 Tips Puasa Ramadan Lebih Sehat, Bisa Juga Jadi Patokan Diet Nih

Tidak jarang di berbagai tempat perbelanjaan seperti mall, dan pasar dipenuhi oleh umat Islam.

Merespons hal itu, Ketua Bidang Dakwah dan Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis mengimbau umat muslim untuk tidak terlalu larut dalam hiruk pikuk berbelanja di minggu akhir bulan ramadan.

"Akhir ramadhan ini sebenarnya adalah finalnya, seharusnya kita bersiap-siap untuk menyambut lailatul qodar, bukan bersiap-siap untuk berbelanjanya,” ujar Kiai Cholil pada MUIDigital, belum lama ini. 

"Boleh berbelanja untuk lebaran, tapi jangan sampai sepuluh hari terakhir kita justru larut di situ,” tegasnya.

BACA JUGA:Kapan Waktu Membaca Doa Buka Puasa Ramadan yang Tepat? Ini Penjelasannya

Dijelaskan Kiai Cholil, malam lailatul qodar ini adalah malam yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam lailatul qodar ini umat Islam dianjurkan untuk mengikuti jejak rasulullah saw dengan amalan-amalan yang disunnahkan.

BACA JUGA:Sidang Isbat Penetapan Idul Fitri 2023 Digelar 20 April, Kemenag Pantau 123 Titik Hilal

"Umat Islam di akhir ramadhan ini sebaiknya mengikuti Rasulullah saw, yaitu perbanyak iktikaf di masjid dan perbanyak juga membaca al-qur’an. Karena di akhir ramadhan ini kita menyambut lailatul qodar, yang mana lailatul qodar itu ‘خَيۡرٌ مِّنۡ اَلۡفِ شَهۡرٍؕ’, lebih baik dari seribu bulan," ungkap Cholil dalam keterangannya. 

Kiai Cholil juga mengimbau agar pada sepuluh hari terakhr di bulan ramadhan ini umat muslim lebih memperbanyak melakukan I’tikaf di masjid, memperbanyak membaca al-qur’an, memperbanyak beristighfar dan juga bersholawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: