Kemenag Sebut Hilal Hari Ini Belum Penuhi Kriteria MABIMS

Kemenag Sebut Hilal Hari Ini Belum Penuhi Kriteria MABIMS

Menteri Agama RI, Yaqut Cholil-Intan Afrida Rafni-

JAKARTA, DISWAY.ID - Kementerian Agama (Kemenag) RI baru saja menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriyah jatuh pada Sabtu, 22 April 2023.

Hal tersebut diumumkan langsung oleh Menteri Agama (Menag) RI, Yaqut Cholil di Kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Kamis, 20 April 2023.

Adapun alasannya sendiri, Yaqut Cholil membeberkan bahwa posisi hilal belum memenuhi kriteria Menteri Agama Brunei Darussalam, Indonesia Malaysia, dan Singapura (MABIMS) yang telah disepakati pada tahun 2021 tahun lalu . 

BACA JUGA:Menag Yaqut Umumkan 1 Syawal 1444 H Jatuh pada 22 April 2023 : Kita Tidak Menonjolkan Perbedaan

"Telah menyepakati kriteria visibilitas hilal atau yang dikenal dengan inka nur rukyat yaitu tinggi hilal 3 derajat dan sudut elongasi 6,4 derajat," ujar Yaqut Cholil dalam konferensi Pers dihadapan awak media. 

"Pada seminar tadi disampaikan bahwa hilal di seluruh wilayah Indonesia pada posisi 0 derajat 45 menit sampai dengan 2 derajat 21,6 menit, dengan sudut elongasi 1 derajat 28,2 menit sampai dengan 3 derajat 5,4 menit," tambahnya. 

BACA JUGA:Sidang Isbat Sepakat 1 Syawal 1444 H Pada Sabtu 22 April 2023, Ini Dasarnya

Adapun kesepakatan ini pun menjadi pedoman di 4 negara dan sudah sangat moderat. Oleh karena itu, berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah dipastika di atas ufuk dan tidak memenuhi kriteria MABIMS.

Tidak hanya itu, bahkan di titik yang sudah ditentukan, pihak Kemenag RI tidak menerima laporan melihat hilal. 

"Tadi sidang isbat secara mufakat telah menetapkan 1 Syawal 144 Hijriyah jatuh pada hari Sabtu tanggal 22 April 2023 masehi," kata Yaqut.

BACA JUGA:Bareng Muhammadiyah, Ini Negara-negara yang Rayakan Idul Fitri pada 21 April 2023, Ada Arab Saudi?

BACA JUGA:Eks Ketum Muhammadiyah Din Syamsuddin Ungkit Sidang Isbat: Hanya Menghabiskan Anggaran Negara

Lebih lanjut, dia pun mengatakan bahwa laporan sidang isbat ini sangat penting dilakukan mengingat ada beberapa umat muslim yang merayakan 1 Syawal 1444 H dihari yang berbeda, yaitu Jumat, 21 April 2023.

Oleh karena itu, Yaqult berpesan untuk tidak menonjolkan perbedaan tetapi mencari titik temunya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: