Merokok Dapat Memengaruhi Penampilan Anda, Begini Penjelasannya

Merokok Dapat Memengaruhi Penampilan Anda, Begini Penjelasannya

Polisi dalami penyalahgunaan dana pajak rokok di Aceh-Foto: Ilustrasi/ Unspalash/Jonathan Kemper-

JAKARTA, DISWAY.ID - Merokok memiliki berbagai efek berbahaya pada tubuh, termasuk peningkatan risiko kanker paru-paru, penyakit jantung, dan stroke.

Namun, bukan hanya organ dalam Anda yang terpengaruh oleh rokok; kulit Anda juga dapat terkena dampak negatif.

Kami akan membahas bagaimana hal ini memengaruhi penampilan Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk melindungi kulit Anda.

BACA JUGA:Penelitian: Polusi Udara Bisa 'Membangunkan' Sel Kanker di Paru-paru Non-Perokok

Mengapa merokok buruk bagi Anda?

1) Keriput

Ini menyebabkan penuaan dini pada kulit dan membuat Anda terlihat lebih tua dari usia sebenarnya. Kolagen dan elastin di kulit Anda rusak akibat merokok, yang menyebabkan kerutan muncul lebih awal dari yang seharusnya.

2) Kulit kering dan mata kering

Kulit dan mata Anda adalah dua area yang paling terlihat terpengaruh oleh merokok. Pembuluh darah di kulit Anda akan menyempit, yang berarti lebih sedikit darah dan oksigen yang masuk ke kulit Anda. Hal ini menyebabkan mata kering dan kulit kering, yang dapat membuat keriput lebih mungkin berkembang.

BACA JUGA:Aksi Nakes Puskesmas di Sulawesi Tengah Merokok di depan Pasien, Asyik Sambil Joget-joget TikTok: 'Ba Ganggu Ini Keluarga Pasien'

3) Bengkak

Bengkak adalah hasil dari retensi cairan, yang terjadi ketika jaringan tubuh menyimpan lebih banyak air daripada yang dibutuhkan. Hal itu bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain kurang tidur, stres, dan perubahan cuaca.

4) Menguningnya kulit

Seperti yang Anda duga, ini menyebabkan kulit Anda menua lebih cepat. Tidak hanya mempercepat proses penuaan alami, tetapi juga menyebabkan kulit menguning dan hilangnya elastisitas--dua faktor yang berkontribusi pada penampilan kusam secara keseluruhan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: