Menko PMK Ungkap Pemudik Melintasi Jalan Tol Naik 20 Persen

Menko PMK Ungkap Pemudik Melintasi Jalan Tol Naik 20 Persen

LANGGANAN MACET: Menko PMK Muhadjir Effendi (tengah), Menhub Budi Karya Sumadi (kiri) dan Kapolri Jend. Listyo Sigit Prabowo dalam peninjauan Pelabuhan Merak, senin (10/4/2023). Pelabuhan Merak menjadi salah satu titik macet terparah pada mudik tahun lalu-Foto : Kementerian Perhubungan -

JAKARTA, DISWAY.ID-- Terjadi peningkatan jumlah pemudik yang melewati ruas jalan tol hingga H-2 Lebaran Idul Fitri 1444 H. 

Kenaikan jumlah kendaraan yang melintasi jalan tol tersebut jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Diungkapkan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy, kenaikan volume kendaraan pemudik yang melewati ruas jalan tol tersebut sesuai dengan data per tanggal 20 April 2023 sekitar pukul 18.00 WIB.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Shalat Idul Fitri 1444H di Solo, Wapres Ma'ruf Amin di Masjid Istiqlal

Tercatat, jumlah kendaraan yang menggunakan jalur tol per 20 April 2023 tersebut mencapai 163 ribu.

“Ada kenaikan yang sangat drastis dari tahun lalu itu hanya 130 ribuan. Jadi ada kenaikan sekitar 20 persen,” ujar Muhadjir.

Ia menyebut arus mudik pada H-2 Hari Raya Idul Fitri 1444 Hijriah berjalan lancar. Pasalnya, titik krusial di jalur mudik dapat ditangani dengan baik.

Sedangkan terkait situasi di penyeberangan dari Pelabuhan Merak Banten ke Pelabuhan Bakauheni Lampung, Muhadjir menyebut arus lalu lintas terpantau lancar.

“Sekarang tahun kita sudah kita pecah jadi tiga tujuan, tiga pelabuhan. Di samping Merak kita gunakan Ciwandan dan BBJ Bojonoegroro,” kata dia.

Sedangkan bagi pemudik yang menyeberang menggunakan sepeda motor dipusatkan ke Pelabuhan Ciwandan. Kemudian, truk yang memaksa beroperasi juga sudah ditertibkan dan dialihkan dari Ciwandan ke Panjang.

BACA JUGA:Siap Jaga Persatuan! Habib Rizieq Shihab Imbau Ramai-Ramai Lebaran Ikut Pemerintah

“Alhamdulillah tadi malam saya jam 2 ditelepon diberitahu Wali Kota Cilegon yang memang saya tugasi untuk terus mengawal 24 jam di sana semuanya berjalan dengan lancar dan baik,” ucapnya.

“Jadi semuanya lancar dan sampai tadi malam saya oantau belum ada kecelakaan atau accident yang fatal. Mudah-mudahan akan terus berlanjut sampai nanti arus balik,” sambung Muhadjir. Terkait arus balik, Muhadjir mengimbau kepada pemudik untuk menghindari puncak mudik pada Selasa 25 April 2023.

“Kemungkinan pemusatan mudik itu puncak mudik di hari Selasa yang itu kemungkinan akan masuk ke ibukota dan sekitarnya ada sekitar 203.000 kendaraan,” pungkasnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: