Menko PMK Apresiasi Penanganan Mudik dan Arus Balik Lebaran 2023: Suatu Kemajuan!

Menko PMK Apresiasi Penanganan Mudik dan Arus Balik Lebaran 2023: Suatu Kemajuan!

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy-Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID - Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyebut ada kemajuan Korlantas Polri bersama stakeholder lainnya dalam menangani arus mudik dan arus balik.

Selain itu, ada faktor peningkatan kesadaran masyarakat tentang keselamatan berkendara.

Turunnya angka kecelakaan sepanjang periode arus mudik lebaran 2023 ini sangat diapresiasi.

"Saya rasa pertama peranan dari publikasi dari Korlantas maupun menteri perhubungan kemudian juga informasi dari media, juga kesadaran masyarakat untuk terus mencari informasi terkait perjalanannya, dan hal-hal yang disarankan oleh pejabat yang memiliki otoritas maupun Presiden sendiri saya lihat imbasnya besar sekali," terang Menko PMK pada Jumat 28 April 2023, dilansir dari PMJ NEWS.

BACA JUGA:Volume Arus Balik Lebaran 2023 Tersisa 30 Persen, Menko PMK Apresiasi Policing Adjustment

"Jadi ini suatu kemajuan yang luar biasa," tambah Muhadjir.

Lebih lanjut, Muhadjir menerangkan bahwa apapun yang telah dilakukan baik itu dari pihak Korlantas, Kementerian Perhubungan ataupun PUPR seperti menambah fasilitas namun jika tidak didukung kesadaran masyarakat terutama yang mudik dan arus balik dalam berperilaku disiplin, tertib, mematuhi aturan dan selalu mencari informasi itu tidak berjalan dengan baik, juga tidak akan punya hasil maksimal.

Kondisi Arus Balik hingga 28 April

Dirlantas Polda Metro Jaya ungkapkan kondisi arus balik lebaran hingga 28 April 2023.

Menurut Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman konidi, arus balik terbilang lancar karena adanya skema rekayasa lalu lintas yang berlangsung dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cikampek.

"Perlu kami sampaikan di sini bahwa arus balik sampai dengan tanggal 28 (April) lancar dan aman," ujar Latif, 28 April 2023.

Latif kemudian mengatakan, total angka kendaraan tertinggi yang tiba di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama) yakni pada hari Selasa 25 April 2023 dengan angka 90 ribu kendaraan.

“Kemarin tertinggi adalah pada tanggal 25, itu mencapai masuk ke Cikatama itu sekitar sampai 90 ribu. Tadi malam turun ke 60 ribu sekian,” tegasnya.

BACA JUGA:Menko PMK Ungkap Pemudik Melintasi Jalan Tol Naik 20 Persen

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: