Siber Bareskrim Kejar Penyebar Hoax Pertama Kebocoran Hasil Pemilu 2024

Siber Bareskrim Kejar Penyebar Hoax Pertama Kebocoran Hasil Pemilu 2024

Video berisikan kebocoran hasil pemilu 2024 yang disebut Hoax. -Twitter-

JAKARTA, DISWAY.ID-Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, Brigjen Adi Vivid Agustiadi Bachtiar mengatakan pihaknya sedang mengejar penyebar hoax pertama soal adanya kebocoran hasil Pemilu 2024.

"Kita juga sudah berkoordinasi dengan KPU untuk nanti melakukan profilling terhadap siapa yang mengupload pertama kali kebocoran data tersebut. Ini sedang kami lakukan profiling tentunya,” kata Adi kepada wartawan seperti dikutip, Selasa 2 Mei 2023. 

Menurut Adi, Bareskrim Polri memastikan bahwa kabar kebocoran data KPU soal hasil pemungutan suara Pemilu 2024 itu tidak benar alias hoax. Hal itu berdasarkan informasi dari KPU.

BACA JUGA:Cegah Peristiwa Pemilu 2019, KPU Batasi Usia KPPS di Pemilu 2024

BACA JUGA:Bareskrim Buru Penyebar Pertama Video Hoax Kebocoran Hasil Pemilu 2024

"Apabila nanti dalam masa profiling itu terdapat unsur pidana, tentunya akan kami tindaklanjuti,” ucapnya.

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari menegaskan bahwa data hasil penghitungan suara Pemilu 2024 belum ada. 

Hal tersebut disampaikan Hasyim terkait dengan salah satu unggahan di akun media sosial Twitter bernama pengguna @Bams2773559ø, yang mengunggah "*INI DATA KPU HASIL PEMILU 2024* Luar Biasa, negeri ini memang sakti, pemungutan suara belum dilakukan, hasilnya sudah ditentukan?" tulis akun seraya mengunggah video layar website yang berisikan gambar lambang KPU dan hasil pemungutan suara, lengkap tercantum dalam bentuk Excell.

BACA JUGA:Bareskrim Sebut Ada Percakapan Dihapus Dalam Kasus Peneliti BRIN Andi Pangerang

Video tersebut diunggah pada 26 April 2023 pukul 01.07AM

“Pemungutan suara dan penghitungan suara Pemilu 2024 akan digelar pada hari Rabu, 14 Februari 2024. Jadi, belum ada hasil suara,” kata Hasyim kepada wartawan di Jakarta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: