PSSI Ingin Pakai Sistem VAR di Kompetisi Liga 1 Musim Depan, Zulfikli Syukur Singgung Kualitas Wasit Indonesia

PSSI Ingin Pakai Sistem VAR di Kompetisi Liga 1 Musim Depan, Zulfikli Syukur Singgung Kualitas Wasit Indonesia

Instagram Zulkifli Syukur -Zulkifli Syukur -Zulkifli Syukur

JAKARTA, DISWAY.ID- Mantan pemain PSM Makassar Zulkifli Syukur menyambut positif diadakannya Video Assistant Referee (VAR) di Liga 1 musim 2023-2024.

"Alhamdulillah akhirnya (Liga 1 menggunakan VAR), tentu ini sangat membantu,” ujar Zulkifli Syukur dalam keteranganya, Selasa 9 Mei 2023.

Zulkifli menekankan kualitas perangkat pertandingan seperti wasit harus ditingkatkan kualitasnya agar bisa mengimbangi teknologi yang akan dipakai nanti. Ia menegaskan keputusan mutlak tetap ada ditangan wasit.

BACA JUGA:Sejarah dan Tujuan Teknologi VAR yang Bakal Digunakan PSSI Pada Liga 1

“Tapi apakah wasit kita siap dengan masuknya teknologi, karena VAR itu hanya alat bantu, keputusan mutlak tetaplah di wasit," kata Zulkifli Syukur.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir berencana ingin menerapkan Video Assistant Referee (VAR) di kompetisi Liga 1 musim depan.

BACA JUGA:Erick Thohir Bocorkan Jadwal Penggunaan Sistem VAR di Liga 1 Musim 2023-2024

BACA JUGA:Persija Gagal Raih Gelar Juara Liga 1 2022-2023, Mohamad Prapanca Singgung Masalah Stadion

Tapi sistem VAR itu akan berfungsi pada pertengahan musim Liga 1 2023-2024 mendatang. 

Mantan kapten PSM Makassar itu menilai keputusan yang telah diambil oleh wasit dalam memimpin suatu pertandingan sering kali masih ada yang belum tepat.

Ia berharap PSSI bisa mendatangkan komite wasit dari luar negeri untuk memperbaiki kualitas wasit di Indonesia.

"Menurut saya SDM-nya yang kita perbaiki. Kita mengundang komite wasit dari luar guna perbaikan kualitas wasit," ucap dia.

Mantan pemain timnas Indonesia itu berkaca pada kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 yang telah menggunakan lima wasit dalam satu pertandingan. Menurutnya belum ada perubahan atas keputusan yang diambil.

"Karena musim lalu pun perangkat pertandingan ditambahkan menjadi 5, toh juga masih belum ada perubahan," ujar mantan pemain PSM Makassar itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: