Sejarah dan Tujuan Teknologi VAR yang Bakal Digunakan PSSI Pada Liga 1

Sejarah dan Tujuan Teknologi VAR yang Bakal Digunakan PSSI Pada Liga 1

Sejarah dan Tujuan Teknologi VAR yang Bakal Digunakan PSSI Pada Liga 1-FIFA-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) merencanakan penggunaan sistem Video Assistant Referee (VAR) atau Asisten Wasit Video mulai diberlakukan di Liga 1 musim 2023/2024.

Penggunaan VAR ini direncanakan akan diberlakukan pada pertengahan musim kompetisi.

BACA JUGA:Biaya Kuliah UPH 2023/2024, Siapkan 10 Jurusan Kelas Karyawan

Teknologi Video Assistant Refree (VAR) terbukti membantu sangat membantu wasit sebagai pengadil dalam pertandingan sepak bola. 

Sebelum adanya teknologi ini, seluruh keputusan bergantung pada keputusan wasit. Namun terkadang kinerja wasit kurang optimal atay masih banyak celah pada keputusan yang diambil.  

BACA JUGA:Kebakaran Pabrik Cat Penjaringan, Petugas Terkendala Akses Air dan Tinner yang Terbakar

VAR dalam sepak bola diterapkan untuk meningkatkan pengawasan dan pengambilan keputusan secara adil. 

Teknologi VAR diibaratkan sebagai asisten wasit dalam memimpin jalannya sepak bola. VAR menjadi solusi untuk menghindari kesalahan putusan dari seorang wasit. 

Teknologi VAR telah meningkatkan kenyamanan dan kepercayaan seluruh elemen yang terlibat dalam pertandingan sepakbola. Perselisihan dan keraguan dari pemain bola, klub, panitia, supporter dalam menilai keputusan wasit kini bisa diminimalisir. 

BACA JUGA: Bertahap, Layanan Kantor Cabang dan ATM BSI Kembali Pulih

Kepastian penggunaan VAR di katakan Ketua Umum PSSI Erick Thohir di Jakarta, tentang kepastian penggunaan sistem VAR untuk Liga 1 2023/2024 merupakan kesepakatan dari PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), penyelenggara Liga 1. 

Erick menilai VAR akan menjadi solusi dalam mengatasi kontroversi yang kerap kali terjadi dalam pertandingan sepakbola Indonesia.

BACA JUGA:Penembakan Brutal di Mal Texas, 9 Orang Tewas, 7 Orang Terluka

Erick menilai implementasi VAR tentu memerlukan waktu mengingat perlunya pelatihan dan adaptasi kepada seluruh perangkat pertandingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: