Sejarah dan Tujuan Teknologi VAR yang Bakal Digunakan PSSI Pada Liga 1

Sejarah dan Tujuan Teknologi VAR yang Bakal Digunakan PSSI Pada Liga 1

Sejarah dan Tujuan Teknologi VAR yang Bakal Digunakan PSSI Pada Liga 1-FIFA-

"Dengan semua 4G dan Wi-Fi di stadion hari ini kami tahu kami harus melindungi wasit dari membuat kesalahan yang dapat langsung dilihat semua orang," ujarnya.

BACA JUGA:KPMH Apresiasi Polres Metro Tangerang Tangkap Sutrisno Lukito di Bandung, Terkait Kasus Apa?

Gagasan untuk melindungi wasit dan keputusan itulah yang menjadi faktor pendorong utama bagi IFAB untuk peningkatan penerapan VAR.

Liga Australia Jadi yang Pertama Gunakan VAR

Negara yang pertama gunakan VAR di pertandingan liga profesionalnya justru bukan dari Eropa melainkan dari negara anggota AFF atau ASEAN. Negara itu adalah Australia.

Seperti yang diketahui, Federasi Sepak Bola Australia (FFA) sudah bergabung ke Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) sejak tahun 2013. Australia sudah terlibat pada ajang Piala AFF untuk kelompok usia muda dan perempuan, tapi tidak dengan level senior.

BACA JUGA:Fix! Coldplay Umumkan Konser di Jakarta 15 November 2023

Dalam hal teknologi VAR, A-League di Australia menjadi liga papan atas profesional pertama yang memperkenalkan teknologi ini ke dalam pertandingan liga pada bulan April 2017.

Kemudian liga top lainnya di Eropa yakni Bundesliga Jerman dan Serie A Italia segera menyusul untuk mengadopsi VAR pada musim 2017-2018.

Sementara La Liga Spanyol dan Ligue 1 Prancis baru menyetujui VAR untuk musim 2018-2019. Liga Utama Inggris menjadi satu-satunya liga domestik utama di Eropa yang terakhir menggunakan VAR yakni mulai musim 2019-2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: