HOT NEWS! Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan Dilaporkan ke KPK Terkait Dugaan Pungutan Mutasi Jabatan

HOT NEWS! Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan Dilaporkan ke KPK Terkait Dugaan Pungutan Mutasi Jabatan

Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan dilaporkan ke KPK. -Instagram @hengkykurniawan-

JAKARTA, DISWAY.ID -- Aktivis Pemuda Bandung Barat (APBB) melaporkan Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan ke KPK. Hengky Kurniawan dilaporkan atas dugaan penyalahgunaan wewenang rotasi jabatan di wilayah pemerintahannya.

"Kami warga Bandung Barat mendorong upaya penyidikan dan penyelidikan yang akan dilakukan KPK atas laporan kami," ujar Ketua Aktivis Pemuda Bandung Barat, Bilal Al Fariz, Jumat, 12 Mei 2023. 

Bilal menilai rotasi mutasi jabatan tidak sesuai dengan aturan di antara dari staf pelaksana promosi ke eselon 4A, seperti Kepala Seksi (Kasi) atau Kepala Sub Bagian (Subag) yang dipromosikan langsung menjadi eselon 3B atau 3A.

BACA JUGA:Biaya Kuliah Psikologi di 5 Perguruan Tinggi Negeri

"Terus juga dari eselon 4A ke eselon 3B, seperti dari Kasi atau Subag ke jabatan Sekretaris Kecamatan (Sekcam) dan Kepala Bidang (Kabid). Padahal tidak boleh dari eselon 4A langsung ke eselon 3A," ujar dia.

"Atau kalau ASN berkinerja baik, maka PPK melakukan promosi ke jabatan lain yang kedudukannya lebih tinggi secara berjenjang dan tidak boleh loncat melewati satu jenjang," sambungnya.

Sementara itu, Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri mengatakan pihaknya akan mengecek terlebih dahulu atas laporan tersebut. Ia memastikan akan memproses laporan tersebut jika memenuhi syarat dan ketentuan laporan. 

BACA JUGA:MA Tolak PK Zainal Abidin, Pakar Hukum: Terdakwa Helmut Hermawan Harus Dibebaskan

"Kami pasti tindaklanjuti dengan lebih dahulu di verifikasi dan telaah oleh tim pengaduan. Untuk memastikan persyaratan laporan sebagaimana ketentuan. Termasuk apakah ada kewenangan KPK terkait materi laporan tersebut," kata Ali saat dikonfirmasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: