Kominfo Gelar Kick-Off Literasi Digital di Lingkungan SMK

Kominfo Gelar Kick-Off Literasi Digital di Lingkungan SMK

Kominfo gelar Kick-Off Literasi Digital di Lingkungan-Istimewa-Kominfo

"Kami ingin meningkatkan capaian literasi digital dengan 4 pilar, dengan menjaga toleransi dan meningkatkan kemampuan berpikir tenaga pendidik dalam melawan disinformasi, dan mempersiapkan talenta digital siswa SD, SMP, SMA/SMK melalui integrasi teknologi dalam metode pembelajaran dan pelatihan yang terstruktur untuk membuat lingkungan belajar yang responsif terhadap teknologi", jelas Izul.

Pada kesempatan yang sama, materi "Bendung Hoaks dan Disinformasi" disampaikan oleh Ketua Umum Relawan TIK Indonesia, Fajar Eri Dianto yang mengatakan bahwa tersedianya platform komunikasi yang memfasilitasi masyarakat untuk dapat bersosialisasi, mencari dan menyebarkan informasi, perlu menjadi perhatian bersama. 

Menciptakan keamanan digital dan kenyamanan berinteraksi, sangat diperlukan untuk pembentukan pioneer sebagai generasi yang cakap digital. 

Fajar juga menegaskan bahwa hoaks ini sering muncul karena adanya ketidakpahaman penyerapan dan penerapan atas penyebaran informasi yang valid.

"Untuk itu, agar terbebas dari hoaks, kita perlu melakukan kontrol atas sikap dan tindakan sebagai netizen yang berbudaya, beretika, dan memahami pentingnya identitas digital. Cek lagi sumber beritanya, jika domain situsnya tidak benar dan isi beritanya hanya berbentuk opini, hindari untuk membaca dan membagikannya. Saring sebelum sharing", ungkap Fajar.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: