FAST ‘Lithium Fire Killer’, APAR Khusus Pemadaman Ledakan Baterai Lithium

FAST ‘Lithium Fire Killer’, APAR Khusus Pemadaman Ledakan Baterai Lithium

Franky Affandy, selaku Chief Technology Officer Fast-M. Ichsan-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Mendukung percepatan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia, khususnya dari segi keamanan, PT FAST (Famindo Alfa SpektrumTeknologi) menjadi salah satu alat pemadam api baterai lithion ion yang hadir di Pameran PERIKLINDO Electric Vehicle Show (PEVS) 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada 17-21 Mei 2023.

Pada PEVS 2023, FAST memperkenalkan produknya yang disebut sebagai ‘Lithium Fire Killer’ dan sekaligus audiensi ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk menerapkan peraturan perlunya APAR (Alat Pemadam Api Ringan) di Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB).

BACA JUGA:Dedi Mulyadi Umumkan Jadi Anak Buah Prabowo, Golkar Belum Terima Surat Pengunduran Diri

“Peratuhan yang dibikin oleh Kemenhub masih untuk kendaraan konvensional. Jadi memang untuk EV sendiri mereka belum mengarahkan untuk pemadaman khusus. Nah ini kita lagi soundingkan lah, Jadi nanti kedepan mau dibuat peraturan keamanan khusus untuk EV,” ujar Franky Affandy, selaku Chief Technology Officer Fast saat ditemui Disway.id, Kamis 18 Mei 2023.

Menurut Franky kebakaran dari kendaraan listrik biasanya berawal dari baterai, dan pakai APAR biasa berbahan powder tidak bisa dipadamkan karena didesain untuk api 600 derajat celcuis ke bawah.

BACA JUGA:Jubir Sebut Kasus Jhonny G Plate Tak Menghambat Elektabilitas KPP dan Anies Baswedan

Sedangkan FAST ‘Lithium Fire Killer’ tipe Hartindo AF31 ini didesain untuk baterai yang tingkat apinya sampai 1000 derajat celcius ke atas.

“Fast ini menggunakan water base cemical, jadi dia pendinginan dan ada zat kimia aktifnya yang mencegah api menyala lagi,” jelasnya.

“Kita juga sudah dites di departemen transportasi Amerika Serikat bahwa media paling bagus untuk memadamkan baterai lithium,” ungkapnya.

BACA JUGA:Bravo! Sindikat Curanmor asal Lampung Berhasil Diringkus Polisi, Ada Yamaha NMAX Hingga Senjata Api Berhasil Diamankan

Rizal juga mengungkapkan berbeda dengan APAR biasa yang usia powdernya hanya satu tahun, FAST ‘Lithium Fire Killer’ ini isinya bisa tahan sampai 5 tahun jika tidak digunakan.


FAST ‘Lithium Fire Killer’ tipe Hartindo AF31 ini didesain untuk baterai yang tingkat apinya sampai 1000 derajat celcius ke atas-M. Ichsan-

Sedangkan ukuran tabung FAST ‘Lithium Fire Killer’ ini tersedia mulai dari ukuran 1 Kg, 3 Kg hingga 6 Kg.

“Jadi kita karya anak bangsa dan sertifikasi kita sudah internasional dan FAST ini kita dedikasikan untuk mendukung keamanan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia,” tukasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: