Waspada! 11 Wilayah di Indonesia Bakal Dihantam Cuaca Ekstrem Hari Ini, Mana Saja?

Waspada! 11 Wilayah di Indonesia Bakal Dihantam Cuaca Ekstrem Hari Ini, Mana Saja?

Ilustrasi/ Cuaca Ekstrem-Pixabay-

JAKARTA, DISWAY.ID - BMKG melapokan, bahwa siklon tropis Guchol terpantau di Laut Filipina sebelah Timur Filipina dengan kecepatan angin maksimum mencapai 70 knot (130 km/jam) dan tekanan udara 975 mb yang bergerak ke arah Utara Barat Laut menjauhi wilayah Indonesia.

Sistem ini menginduksi peningkatan kecepatan angin >25 knot (low level jet) yang memanjang di Samudra Pasifik sebelah Timur Filipina.

Bibit Siklon Tropis 93B terpantau di Teluk Benggala sebelah Barat Daya Myanmar dengan kecepatan angin maksimum mencapai 30 knot (56 km/jam) dan tekanan udara 1003.2 mb yang bergerak ke arah Timur Laut menjauhi wilayah Indonesia.

BACA JUGA:Laporan BMKG: Gempa Bumi M 4,9 Melanda Maluku Tenggara Barat!

Daerah Konvergensi terpantau memanjang di Samudra Hindia barat Banten-Bengkulu, dari Selat Karimata hingga Laut Natuna, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara, dari Laut Banda hingga perairan Baubau bagian selatan, dari Laut Arafuru timur Kep. Aru hingga perairan Kep. Kai, dan di Papua.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan dan ketinggian gelombang laut di sekitar wilayah siklon tropis dan di sepanjang daerah low level jet/konvergensi tersebut.

BACA JUGA:Update Prakiraan Cuaca Terbaru se-Jabodetabek Hari Ini, Minggu 11 Juni 2023

Berikut Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang:

1. Aceh

2. Sumatera Barat

3. Bengkulu

4. Jambi

5. Sumatera Selatan

6. Jawa Timur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: