Tingkatkan Daya Serap Tenaga Kerja Lulusan SMK, Sharp Indonesia Buka Program Sharp Class

Tingkatkan Daya Serap Tenaga Kerja Lulusan SMK, Sharp Indonesia Buka Program Sharp Class

Tingkatkan Daya Serap Tenaga Kerja Lulusan SMK, Sharp Indonesia Buka Program Sharp Class-Sharp Indonesia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Penurunan jumlah penganguran idealnya dibarengi dengan peningkatan kualitas tenaga kerja, karena hal tersebut pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan pelatihan vokasi kepada siswa/i SMK.

Hal ini dilakukan sebagai upaya pemerintah untuk mendongkrak penyerapan tenaga kerja, dalam mendukung pemerintah pusat. 

BACA JUGA:Kapan Puasa Arafah 2023 Jelang Idul Adha? Simak Jadwal dan Niatnya Berikut Ini!

Pemerintah daerah Palembang melalui Dinas Pendidikan Provinsi Sumatra Selatan aktif melakukan peningkatan kualitas lulusan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan tujuan agar lulusan SMK semakin mudah terserap di pasar kerja lokal, nasional bahkan internasional. 

Tercatat berdasarkan data pada tahun 2021 sebanyak 2000 lulusan SMK di Sumatra Selatan telah tersalurkan kerja di perusahaan swasta di wilayah Sumatra Selatan maupun di luar wilayah Sumatra Selatan. 

BACA JUGA:1.202 Personel Polda Metro Jaya Amankan Sidang Pleno MK

Sharp sebagai produsen elektronik yang telah beroperasi selama 53 tahun dan memiliki 25 kantor cabang di Indonesia turut membantu upaya pemerintah pusat dalam meningkatkan jumlah tenaga kerja yang terserap pada tingatan SMK melalui program Sharp Class

Program ini merupakan program pendampingan dan pelatihan kepada siswa/i SMK terpilih yang ingin menjadi seorang teknisi profesional yang handal.   

“Pertama kali kami lakukan program Sharp Class di tahun 2012, dan Sharp Class sudah bekerja sama dengan 15 sekolah dari 15 kota seperti Aceh, Bengkulu, Banjarmasin, Karawang, Semarang, Bandung dan lain-lain,” ujar Lise Tiasanty, Head of CS Division Senior Manager, PT Sharp Electronics Indonesia, Kamis 15 Juni 2023.

BACA JUGA:Warga Cirebon Beri Kesaksian saat Terjadi Gempa Bumi Magnitudo 3,2: Ada Dentuman, Sudah 6 Kali Getaran!

“Selama program ini berjalan kami telah melahirkan 690 lulusan yang memiliki kemampuan yang siap bekarja dan diantara lulusan kami sudah bekerja baik di service centre Sharp maupun perusahan swasta berkelas internasional lain nya,” tambahnya.

Selain itu juga, Sharp kembali melakukan kerjasama dengan sekolah tingkat SMK, kerjasama  ditandai dengan penandatangan MoU kerjasama antara Sharp Indonesia dan SMKN 4 Palembang 

Dengan ditandatangani MoU kerjasama ini artinya, Sharp Class resmi berjalan, sekitar 25 – 30 siswa /i SMKN 4 Palembang yang terpilih akan diberikan pendampingan serta pelatihan oleh teknisi yang berpengalaman dan handal dari Sharp Indonesia. 

BACA JUGA:Berkas Sudah di Tangan Jaksa, Penyuap Mantan Wali Kota Bandung YM Segara Disidangkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: