Tradisi Festival Peh Cun Kembali Digelar di Kota Tangerang

Tradisi Festival Peh Cun Kembali Digelar di Kota Tangerang

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di sela-sela perayaan Festival Peh Cun di Sungai Cisadane, Kota Tangerang.-ist-

TANGERANG, DISWAY.ID-- Setelah vakum selama 3 tahun akibat pandemi Covid-19, akhirnya tradisi budaya Festival Peh Cun di Kota Tangerang kembali digelar.

Festival Peh Cun digelar selama 5 hari mulai 21 hingga 25 Juni 2023 dengan meliputi acara pentas seni, lomba menggambar, lomba perahu dan pameran foto Peh Cun dari masa ke masa.

Kali ini tadisi tahunan yang lokasinya di sekitar Jl Kali Pasir dan Sungai Cisadane, Kota Tangerang tersebut mengusung tema "Harmoni di Dalam Keberagaman".

BACA JUGA:200 Atlet Diberangkatkan, KORMI Banten Target Masuk 5 Besar Fornas 2023 

Wali Kota Tangerang, H Arief R Wismansyah turut hadir meriahkan gelaran tahunan yang diisi dengan berbagai rangkaian kegiatan budaya leluhur masyarakat Tionghoa tersebut.

Peringatan budaya Festival Peh Cun, disebutnya, memiliki makna yang sangat dalam bagi Kota Tangerang maupun bangsa Indonesia. 

“Selain pelestarian budaya, perayaan ini juga turut memupuk rasa persaudaraan dan kebersamaan diantara warga, tak hanya warga Kota Tangerang tapi juga bagi bangsa Indonesia,” ungkapnya di lokasi Festival Peh Cun, Jl. Kali Pasir, Kamis 22 Juni 2023.

Dirinya sangat mengapresiasi pelestarian budaya leluhur yang dilakukan oleh perkumpulan Boen Tek Bio Kota Tangerang yang senantiasa menjaga dan merawat tradisi budaya di tengah era modern saat ini. 

Arief berharap ajang ini dapat semakin mempererat persaudaraan dan kebersamaan warga Kota Tangerang.

BACA JUGA:Wakil Gubernur Banten 2007-2012 HM Masduki Meninggal Dunia

“Alhamdulillah, meski di tengah keberagaman yang ada di Kota Tangerang, kami bisa tetap jaga keharmonisan dan kebersamaan. Seperti halnya melalui perayaan ini, tak hanya warga keturunan Tionghoa, akan tetapi berbagai suku, agama yang ada di Kota Tangerang turut membaur dalam kemeriahan Peh Cun ini,” terang Arief, sesaat setelah melepas bebek ke Sungai Cisadane.

Perayaan Peh Cun menjadi festival penting dalam sejarah dan kebudayaan Tionghoa.

Perayaan yang selalu diperingati setiap tanggal 5 bulan 5 dalam penanggalan Khongcu Lek tersebut selalu dirayakan di berbagai negara, termasuk Kota Tangerang.

Festival Peh Cun di Sungai Cisadane, Tangerang, merupakan salah satu yang tertua di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: