Ucapkan Doa Ini Sebelum Menyembelih Hewan Kurban, Cendekiawan Muslim Saudi Terkemuka Beri Saran

Ucapkan Doa Ini Sebelum Menyembelih Hewan Kurban, Cendekiawan Muslim Saudi Terkemuka Beri Saran

Tata Cara menyembelih Hewan Kurban yang Benar---lapasmetro.kemenkumham.go.id

Al-Bukhari dan Muslim meriwayatkan bahwa Anas berkata: Nabi (damai dan berkah besertanya) mengorbankan dua ekor domba jantan yang berbintik-bintik putih dengan hitam. Dia membantai mereka dengan tangannya sendiri, mengucapkan “Bismillaah” dan “Allahu akbar,” dan meletakkan kakinya di leher mereka.

HR Muslim meriwayatkan dari 'Aisyah bahwa Rasulullah (damai dan berkah besertanya) memerintahkan agar seekor domba jantan bertanduk dibawa kepadanya sehingga dia bisa mengorbankannya.

Dia berkata, 'isyah, berikan aku pisaunya', lalu dia berkata, "Pertajam di atas batu." Jadi dia melakukan itu, lalu dia mengambilnya dan mengambil domba jantan itu, dan dia meletakkannya dan bersiap untuk menyembelihnya.

Dia berkata, “Dengan nama Allah, ya Allah, terimalah (pengorbanan ini) dari Muhammad dan keluarga Muhammad dan Ummat Muhammad,” lalu dia mengorbankannya.

BACA JUGA:Viral Emak-emak Galau Tak Diberi Pinjaman Uang oleh Tetangga Curhat di Facebook: Percuma Berkurban Sapi Kalau Sama Tetangga Masih Pelit

(Musnad Ahmad) At-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Jabir ibn Abdullah berkata: Saya hadir bersama Nabi (damai dan berkah besertanya) pada Hari Pengorbanan di tempat sholat.

Ketika dia telah menyelesaikan khotbahnya, dia turun dari mimbarnya dan membawa seekor domba jantan, yang disembelih oleh Rasulullah (damai dan berkah besertanya) dengan tangannya sendiri.

Dia berkata, “Dengan nama Allah, Allah Maha Besar. Ini atas nama saya dan atas nama umat saya yang tidak berkorban.” (Abu Dawud dan at-Tirmidzi).

Dalam beberapa laporan kata-kata "Ya Allah, ini dari Anda dan untuk Anda" ditambahkan. Allahumma minka (Ya Allah, ini dari-Mu) berarti “kurban ini adalah hadiah dan rejeki yang sampai kepadaku dari-Mu.” Laka (kepada-Mu) artinya “sungguh-sungguh hanya untuk-Mu”.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: