Erick Thohir Apresiasi Satgas Anti Mafia Bola Besutan Kapolri: Bukti Konkret, Bukan Asumsi Atau Tebak-tebakan

Erick Thohir Apresiasi Satgas Anti Mafia Bola Besutan Kapolri: Bukti Konkret, Bukan Asumsi Atau Tebak-tebakan

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengapresiasi Polri yang telah berkomitmen agar sepak bola di Indonesia berjalan dengan fair. -Disway.id/Anisha Aprilia-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengapresiasi Polri yang telah berkomitmen agar sepak bola di Indonesia berjalan dengan fair. 

Komitmen tersebut ditunjukan melalui adanya Satuan Tugas (Satgas) Anti Mafia Bola. 

“Saya mengucapkan terima kasih kepada bapak Kapolri dan jajarannya terutama dengan dibentuknya tim satgas anti mafia bola yang sudah berjalan dari bulan Maret. Sejak awal saya dan pak Kapolri diinstruksikan oleh bapak Presiden agar menciptakan iklim sepakbola yang bersih. Karena ini penting buat juga kita mendorong liga kita menjadi nomor satu di Asia Tenggara dan terciptanya tim nasional yang bisa bertanggung jawab, sehingga meraih prestasi dengan baik,” kata Erick di Mabes Polri, Senin, 26 Juni 2023.

BACA JUGA:Indonesia Resmi Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-17 2023, Erick Thohir: Alhamdulillah

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Menteri BUMN ini mengatakan Presiden Jokowi juga telah memerintahkan dirinya dan Kapolri untuk menuntaskan adanya dugaan kecurangan dalam sepak bola di Indonesia. Termasuk pengaturan skor atau match fixing. 

Hal tersebut sejalan dengan perintah Presiden FIFA. Ia pun menegaskan pihaknya akan terus mendukung Kapolri untuk terus memberantas Mafia bola. 

"Alhamdulillah data-data sudah ada di Pak Kapolri dan juga data-data FIFA pun berindikasi pada situ, jadi ada data-data FIFA, karena FIFA memang menurunkan tim secara serius sejak beberapa bulan lalu, dan alhamdulillah tentu hal-hal ini menjadi bukti konkret bagaimana dari Pak Kapolri pihak kepolisian ada yang terdepan dalam pemberantasan daripada mafia sepakbola atau pengaturan skor ini," katanya.

Lebih lanjut, ia berharap temuan yang telah ditemukan oleh Satgas Antimafia Bola bisa diproses secara transparan. 

"Dan kami terus terang mendukung pak dan berterima kasih dan kita berharap tentu proses yang akan terjadi akan transparan dengan bukti-bukti data, jadi bukan asumsi atau tebak-tebakan tapi ini dilandasi data dan fakta," imbuhnya.

BACA JUGA:SUGBK Dipakai Konser Coldplay, Erick Thohir Singgung Stadion Utama Harus Siap: Karena Itu Kalender Resmi!

Sebelumnya, Satuan Tugas (Satgas) Antimafia Bola menemukan sejumlah indikasi kecurangan yang dilakukan oleh perangkat pertandingan pada liga sepak bola Indonesia. 

Hal tersebut disampaikan oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada saat bertemu dengan Ketua Umum Persatuan Sepak bola Seluruh Indonesia (PSSI) di Mabes Polri, Senin, 26 Juni 2023.

"Kita temukan adanya indikasi pelanggaran ataupun kecurangan yang dilakukan oleh perangkat pertandingan," kata Listyo di Mabes Polri. 

Kendati demikian, Listyo enggan menyebutkan perangkat pertandingan yang dimaksud. Hanya saja, Listyo menyebut saat ini Satgas Antimafia Sepak bola tengah mengusut adanya temuan tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: