PPDB Jatim Tahap V Jalur Prestasi Resmi Dibuka, Kuota Capai 65 Persen

PPDB Jatim Tahap V Jalur Prestasi Resmi Dibuka, Kuota Capai 65 Persen

Tahapan pendaftaran PPDB SMA/SMK Jatim 2023-Foto/Tangkapan Layar-

JAKARTA, DISWAY.ID - Dinas Pendidikan Jawa Timur resmi membuka pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA/SMK Tahap V jalur prestasi nilai akademik.

Adapun kuota yang dibuka sbanyak 65% atau 92.042 dari total daya tampung pada tanggal 4-5 Juli 2023.

"Kuota ini akan diperebutkan bagi 141 ribu calon peserta didik baru (CPDB) dari 575.108 lulusan SMP sederajat yang belum lolos di tahap 1 hingga tahap 4 lalu," kata Kepala Dinas Pendidikan Jatim Aries Agung Paewai dalam keterangannya, Selasa 4 Juli 2023.

BACA JUGA:Alhamdulillah! Jatah Air Zamzam Jemaah Indonesia Ditambah Jadi 10 Liter, Menag: Jangan Dimasukan ke Koper!

Aries menjelaskan, pada prakteknya, PPDB Tahap V ini tidak ada batasan bagi CPDB dalam memilih sekolah tujuan, meski domisili berada di luar kabupaten/kota SMK. 

"Jalur prestasi nilai akademik SMK ini murni menggunakan nilai siswa. Di SMKN 12 Surabaya misalnya ada jurusan pedalangan, siswa dari luar Surabaya seperti Nganjuk atau Banyuwangi bisa mendaftar selama nilainya tinggi," terangnya. 

"Karena SMK memang sekolah khusus, di mana memiliki keunggulan jurusan masing-masing," sambungnya.

Aries menambahkan, pada tahap terakhir pendaftaran PPDB siswa lebih rasional dan jeli dalam memilih jurusan atau SMK tujuan.

"Sebab, persaingan di PPDB Tahap V akan semakin ketat dan selektif. Sehingga para siswa tidak memilih SMK-SMK yang selama ini diunggulkan atau favorit," ujarnya.

BACA JUGA:Kronologi Penangkapan Si Kembar Rihana dan Rihini di Apartemen Gading Serpong, Polda Metro Jaya Buka Suara!

Aries mencatat, dari tahap I jalur Afirmasi, Prestasi Hasil Lomba dan Pindah Tugas Orang Tua sudah sebanyak 53.237 siswa yang diterima dari total 122.876 pendaftar. Sementara daya tampung yang disediakan sebesar 53.246 pagu.

"Sisa pagu ini kami alihkan di jalur zonasi SMA dan jalur prestasi nilai akademik SMK agar peluangnya lebih besar lagi," terangnya.

Selanjutnya pada seleksi PPDB tahap II jalur Prestasi Nilai Akademik SMA sebanyak 28.420 siswa diterima pada jalur ini dari 79.814 pendaftar. Pada jalur ini daya tampung yang tersedia terpenuhi secara keseluruhan.

Untuk tahap 3, jalur Zonasi SMK dengan kuota 10% hanya 12.154 siswa yang lolos. Sementara jumlah pendaftar pada tahap ini cukup tinggi yakni mencapai 76.353.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: