Dikecam dan Diancam! Pertemuan LGBT Se-ASEAN Batal Digelar di Jakarta, Pindah Kemana?

Dikecam dan Diancam! Pertemuan LGBT  Se-ASEAN Batal Digelar di Jakarta, Pindah Kemana?

Pertemuan LGBT Se-ASEAN Batal Digelar di Jakarta-ilustrasi-Berbagai sumber

“Jadi kalau laki-laki pasangan sama laki-laki itu tidak punya reasoning sedikitpun yang memperbolehkan,” ungkapnya.

BACA JUGA:Pertemuan LGBT Direncanakan di Jakarta, MUI Ingatkan Pemerintah

Karenanya, Kiai Cholil mewakili MUI berharap agar pemerintah tegas untuk melarang ini. Meskipun belum ada aturan yang tegas terkait LGBT, setidaknya pelarangan ini didasarkan atas aspirasi dan norma yang berlaku.

Dia juga berharap kepada mereka yang ‘terkena’ LGBT untuk senantiasa dibimbing dan diluruskan oleh pemerintah, tokoh agama, serta seluruh masyarakat agar orientasi seksualnya kembali sesuai fitrah.

“Oleh karena itu, ini sudah tidak benar, maka tidak boleh dikampanyekan, orang-orang yang terkena, pemerintah berkewajiban untuk menormalkan, meluruskan," pungkasnya.

Sikap Kepolisian Indonesia

Sementara itu, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Kombes Pol Komarudi mengatakan pihak kepolisian belum tahu mengenai agenda pertemuan LGBT tersebut.

"Belum tahu," ujar Komarudin kepada wartawan.

Sebagaimana diketahui, komunitas LGBT akan mengadakan perkumpulan yang digawangi oleh ASEAN SOGIE Caucus.

BACA JUGA:MUI Desak Pemerintah Tak Izinkan Pertemuan LGBT Se-ASEAN di Jakarta

Organisasi tersebut kabarnya mendapat perlindungan Dewan Ekonomi dan Sosial Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sejak 2021, Arus Pelangi dan Forum Asia.

Dari sebaran di media sosial, agenda komunitas LGBT itu akan mengadakan perkumpulan se-ASEAN pada 17-21 Juli 2023 di Jakarta.

"Apakah kalian aktivis queer yang berbasis di Malaysia, Thailand, Laos, Singapura dan negara lain di Asia Tenggara? Mari bergabung bersama kami dalam ASEAN Queer Advocacy Week (AAW) Juli ini," tulis akun @aseansoegicaucus di Instagram.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: