Manfaat ChatGPT Mulai Dirasakan Pebisnis Untuk Melebarkan Sayap

Manfaat ChatGPT Mulai Dirasakan Pebisnis Untuk Melebarkan Sayap

ilustrasi ChatGPT-Freepik.com-

JAKARTA, DISWAY.ID-- ChatGPT masih hangat diperbincangkan dan menjadi tools berbasis artificial intelligence (AI) yang banyak dimanfaatkan sejak dirilis oleh OpenAI pada akhir tahun 2022. 

Berdasarkan survei yang dilakukan Populix, ChatGPT digunakan oleh 52 persen responden dan menjadi tools AI yang paling banyak digunakan di Indonesia.

BACA JUGA:Beda Nasib, Andre Onana Calon Pemain MU Moncer Berkat Jerih Payah Sang Kakak yang Pernah Main di Persikad Depok

Karena dapat memberikan jawaban dari pertanyaan dan perintah apapun, ChatGPT pun secara aktif dimanfaatkan untuk membantu pekerjaan di berbagai bidang. 

Tak ayal, banyak perusahaan yang memberikan akses ChatGPT pada karyawannya agar lebih produktif.

Banyaknya pengguna dari kalangan pekerja dan pelajar yang memanfaatkan ChatGPT juga terbukti dengan menurunnya trafik penggunaan ChatGPT pada bulan Juni 2023 berdasarkan laporan analisa dari Similarweb. 

BACA JUGA:Gelar Apel Siaga Perubahan di SUGBK, Waketum NasDem: Tak Ada Niat Menandingi Partai-Partai Lain

Penurunan cukup signifikan tersebut disebabkan oleh masa libur sekolah dan perkuliahan, sehingga pengguna dari kalangan pelajar pun berkurang.

Namun, ChatGPT masih digunakan secara luas oleh perusahaan dan pebisnis. Bahkan dapat digunakan untuk meringankan tugas-tugas seperti membuat artikel SEO, membuat strategi marketing, menyusun rencana bisnis, hingga mengetahui sepak terjang kompetitor secara online.

Penguasaan AI Menjadi Skill Penting

Di awal kemunculannya, ChatGPT sempat menjadi pro kontra karena prediksi bahwa tools AI tersebut akan mengancam beberapa posisi pekerjaan yang dapat digantikan secara total oleh AI. 

Kenyataannya, AI tidak akan menggantikan peran manusia seutuhnya. Melainkan menjadi tools untuk membuat pekerjaan lebih mudah.

BACA JUGA:Respons KAI Soal Viral Pria Masturbasi di Gerbong KRL, Peringatannya Tak Main-main: Segera Laporkan

“Perkembangan AI bukanlah sesuatu yang harus atau dapat kita hindari. Justru kemampuan kita bersinergi dengan AI akan menjadi kunci kesuksesan di era yang baru ini dan skill dalam penguasaan AI akan menjadi skill penting dalam pekerjaan ke depannya,” ujar Leonardus Nugraha, Content Specialist Niagahoster/Hostinger - WordPress Category.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: