4 Tips Perawatan Komponen Pengereman Motor Versi Yamaha, Buruan Cek Yuk

4 Tips Perawatan Komponen Pengereman Motor Versi Yamaha, Buruan Cek Yuk

Ketangguhan Yamaha Gear 125 Dibuktikan Lewat Jalur Berliku di Tanah Karo-Yamaha-

JAKARTA, DISWAY.ID - Salah satu komponen penting pada sepeda motor adalah rem sebagai pengatur laju kendaraan, dengan cara memperlambat atau menghentikan putaran roda.

Mengingat peran rem yang esensial dalam mendukung kenyamanan hingga keselamatan berkendara, maka pengendara sepeda motor perlu melakukan perawatan rutin dan tepat.

“Fungsi pengereman pada sepeda motor perlu mendapatkan perhatian khusus dari para penggunanya.  Untuk menunjang hal tersebut, Yamaha juga menghadirkan produk aftersales termasuk komponen-komponen sepeda motor sesuai standar kualitas Yamaha. Dengan perawatan yang tepat serta didukung penggunaan komponen sepeda motor yang berkualitas akan membuat sistem pengereman lebih optimal,“ jelas Antonius Widiantoro, Asst. General Manager Marketing - Public Relation PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM)

Secara umum, jenis rem yang digunakan pada sepeda motor dibagi menjadi 2 (dua), yakni rem cakram dan rem tromol. Rem cakram bekerja menggunakan sistem penjepitan piringan dengan kampas rem.

BACA JUGA:Ratusan Bikers Meriahkan Ulang Tahun Yamaha di Jakarta

Jika tuas rem ditekan maka pelumas hidrolik akan mendorong piston di kaliper untuk menjepit cakram sehingga memperlambat hingga menghentikan laju kendaraan.

Sedangkan pada rem tromol, bekerja menggunakan sepasang sepatu rem (brake shoe) untuk dapat menekan bagian dalam dari tromol rem (brake drum), jika ditekan menghasilkan gaya gesek yang dapat membantu untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan.

Dari semua jenis pengereman memiliki beragam komponen pendukung dengan komponen utama yang berperan penting, yaitu kampas rem dan minyak rem.

Kampas rem untuk menekan bagian cakram atau dinding tromol bagian dalam, sehingga daya gesek yang diberikan mampu memperlambat dan menghentikan putaran roda. Sistem pengereman juga didukung minyak rem untuk mendorong piston di kaliper rem agar kampas bisa menjepit cakram sesuai tekanan saat tuas master rem ditarik.

BACA JUGA:Pembalap Yamaha Racing Indonesia Optimis Hadapi Seri 3 ARRC 2023 di Jepang

Selain itu, minyak rem juga bekerja mengurangi panas akibat gesekan logam pada komponen sistem pengereman, yakni kampas dan cakram.

Mengingat pentingnya sistem pengereman sepeda motor yang menunjang keselamatan berkendara, berikut ini adalah tips bagi konsumen mengenai perawatan komponen sistem pengereman sepeda motor :

1. Pengecekan dan Pembersihan Kampas Rem Secara Rutin

Konsumen dapat melakukan pengecekan baik kampas rem atau minyak rem secara pribadi atau saat melakukan perawatan berkala sesuai dengan waktu yang disarankan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: