Waspada Modus Baru Penipuan Salah Transfer Uang, Ini 3 Tips Mencegahnya

Waspada Modus Baru Penipuan Salah Transfer Uang, Ini 3 Tips Mencegahnya

Kasus dugaan penipuan dan penggelapan oknum ASN dengan modus menawarkan kerja karyawan honorer berujung restorative justice atau berdamai.-Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Di era digital saat ini, modus penipuan online semakin beragam dan terus berkembang hingga menjadi ancaman serius bagi masyarakat. 

Salah satu modus terbarunya yakni Salah transfer uang untuk menjebak korban menanggung beban tagihan pinjaman online (pinjol) yang tidak dilakukannya.

BACA JUGA:Menohok! Geramnya Menteri Pertahanan Inggris ke Zelensky karena Minta Persenjataan Terus: Kami Bukan Amazon

Melihat fenomena itu, PT Bank Negara Indonesia (BNI) mengimbau masyarakat untuk tetap waspada dengan mengikuti langkah-langkah pencegahan yang direkomendasikan oleh lembaga keuangan dan pihak berwenang.

"Modus penipuan saat ini semakin beragam. Kami mengimbau masyarakat agar tetap berhati-hati dan tidak mudah terperdaya oleh berbagai taktik yang dilakukan oleh para pelaku kejahatan," ujar Corporate Secretary BNI Okki Rushartomo, Sabtu 15 Juli 2023.

BACA JUGA:Dirjen HAM Kemenkumham Minta Jangan Lupakan Hak Asasi Santri Al Zaytun: 'Penutupan Akan Timbulkan Problem!'

Okki menjelaskan, dalam modus baru salah transfer uang, pelaku penipuan akan mentransfer sejumlah uang ke rekening korban, lalu menghubungi korban dan mengaku telah melakukan kesalahan transfer.

Mereka akan meminta korban untuk mengirimkan uang tersebut ke rekening lain. 

Namun, saat korban mengembalikan uang, malah harus menanggung beban tagihan dari pinjaman online yang tidak dilakukannya.

BACA JUGA:Spesifikasi Boeing 737-800 NG, Pesawat Bekas Irlandia yang Dibeli Polri Seharga Rp997 Miliar

Terkait hal itu, Okki pun memberikan beberapa saran kepada masyarakat untuk menghindari penipuan modus baru tersebut. 

Pertama, abaikan panggilan atau pesan dari pihak yang mengaku melakukan salah transfer uang dan meminta untuk mengembalikannya.

Kedua, jika sudah terlanjur menerima transfer tersebut, segera hubungi bank dan jangan terbujuk untuk mengirimkan kembali uang tersebut. 

BACA JUGA:Jelang Konsolidasi Nasdem, Titik Kantong Parkir Disiapkan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: