Keramik Tiongkok Banjiri Indonesia, Pabrik Granit Terbesar Dibangun SPS Corporate di Subang

Keramik Tiongkok Banjiri Indonesia, Pabrik Granit Terbesar Dibangun SPS Corporate di Subang

Direktur PT Superior Porcelain Sukses, Billy Law (kiri) melakukan seremoni peletakan batu pertama di lokasi pabrik keramik PT SPS di Subang, Jumat 21 Juli 2023.--

SUBANG, DISWAY - Pertumbuhan sektor properti di Indonesia berdampak pada besarnya kebutuhan granit. Dalam beberapa tahun terakhir, kebutuhan granit di dalam negeri mayoritas masih terpenuhi dari impor. 

Produk granit dari Tiongkok-lah yang membanjiri pasar Indonesia. Dengan berbagai cara. Data Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) menunjukkan, sebenarnya kapasitas produksi Keramik nasional 550 juta m2 pertahun.

Dari jumlah itu, 140-150 juta m2 merupakan keramik jenis B1A atau granit. Namun faktanya hanya bisa berjalan sekitar 50 persen.

Hal itu terjadi akibat gempuran produk impor dari Tiongkok. Bahkan diindikasikan terjadi unfair trade. Seperti salah satunya tax subsidi 14 persen dari pemerintah Tiongkok, praktik indikasi dumping, serta pengurangan ketebalan keramik.

Menjawab tantangan ini, PT Superior Porcelain Sukses (SPS) menyiapkan pabrik granit di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Pabrik berkapasitas 14 juta m2 pertahun itu siap dioperasikan pada 2024 mendatang. Groundbreaking pabrik tersebut dilakukan, Jumat, 21 Juli 2023.

Pabrik yang berlokasi di Kadawung, Paburan, Subang itu memiliki luas bangunan 81.000 m2. Berdiri di atas tanah 22 hektar.

Asaki tentu menyambut baik pembangunan pabrik granit PT SPS itu. Ketua Bidang Keramik dan Ubin Asaki, Andrea Petrina, mengatakan pembangunan pabrik granit PT SPS bisa membawa multiplier effect terhadap perekonomian Indonesia.

“Investasi ini bagian dari komitmen industrik kermaik nasional terhadap dukungan pemerintah memberi yang telah memberikan harga gas khusus,” kata Andrea yang hadir dalam acara groundbreaking.

Yang tak kalah penting, investasi PT SPS itu mendukung program pemerintah akan subtitusi impor.

“Seperti kita tahu homogeneous tiles (granit) impor telah membanjiri Indonesia. Semoga portofolio import nantinya bisa dialihkan ke produk SPS setelah pabrik ini sudah produksi. Apalagi kapasitas produksinya untuk homogeneous tiles ini sangat besar,” ujarnya. 

Granite tile yang diproduksi PT Superior Porcelain Sukses nantinya merupakan produk kedua SPS Corporate di bidang building material. Sebelumnya SPS Corporated sukses menjalankan industri bata ringan yang cukup terkenal di Indonesia, Blesscon.

“Kami berharap perusahaan ini bisa menjadi Top 3 di bidang industri granite tiles. Mengikuti jejak company lain di SPS Corporate,” kata Hendra Widodo, Direktur Produksi PT Superior Porcelain Sukses.

Granit yang diproduksi PT Superior Porcelain Sukses ini nanti jenisnya homogeneous tiles dan porcelain tiles. Masing-masing kapasitas produksinya 7 juta m2 per tahunnya. Jadi total pertahunnya bisa memproduksi 14 juta m2.

Dengan kapasitas sebesar itu, SPS Corporate berharap kehadiran pabriknya bisa menyerap tenaga kerja lokal. Sebab kebutuhan tenaga kerja di pabrik tersebut nantinya lebih dari 600 orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: