Pesan Eks Sekjen Golkar ke Airlangga: Jangan Libatkan Jokowi dalam Persoalan Internal Partai

Pesan Eks Sekjen Golkar ke Airlangga: Jangan Libatkan Jokowi dalam Persoalan Internal Partai

Presiden Jokowi berbincang dengan Menkeu Sri Mulyani dan Menko Airlangga Hartarto di sela-sela United Overseas Bank (UOB) Economic Outlook 2023 yang digelar di Hotel Indonesia Kempinski, Jakarta, pada Kamis, 29 September 2022.-Lukas/Setpres -Disway.id

JAKARTA, DISWAY. ID - Mantan Sekretaris Jenderal Partai Golkar, Idrus Marham meminta Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto tidak berlindung dibalik Presiden Joko Widodo untuk menghadapi dorongan pergantian jabatannya. 

Idrus Marham menilai Airlangga sengaja melibatkan nama Preside Joko Widodo atau Jokowi untuk urusan internal Golkar. 

BACA JUGA:Gratis! Begini Cara Daftar Sertifikasi Halal Kemenag

Sedangkan Jokowi sendiri sempat mengatakan dihadapan awak media bahwa dirinya tak ingin ikut campur pada dinamika yang terjadi di internal Partai Golkar. 

“Airlangga itu di dalam langkah-langkah politik yang diambil dalam kepemimpinan Partai Golkar itu selalu bersembunyi di balik Presiden,” ucap Idrus melalui keterangannya, Sabtu, 29 Juli 2023.

Idrus mengatakan, Menko Perekonomian RI itu tampak menunjukan bahwa kepemimpinannya masih mendapat dukungan Jokowi.

BACA JUGA:Nahas, Kronologi Lansia 70 Tahun Tewas dalam Peristiwa Kebakaran di Cipinang, Sempat Teriak Minta Tolong!

Pengakuan tersebut dia sampaikan saat membicarakan pertemuan politiknya dengan Ketua DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani. 

“Saya memahami itu, salah satu tujuannya ingin menyampaikan langkah-langkah yang diambil itu di backup oleh Presiden,” ucap dia. 

Ia menuding, langkah Airlangga itu dilakukan untuk mengamankan posisinya sebagai Ketua Umum Partai Golkar. Menurutnya, Airlangga berusaha untuk meyakinkan para Ketua DPD Partai Golkar, yang memiliki hak suara untuk menggelar musyawarah nasional luar biasa (munaslub), bahwa kepemimpinannya baik-baik saja. 

“Ini kan satu (tindakan) manipilatif. Ada indikasi manipulasi informasi, langkah-langkah politik untuk tujuan, kepentingan dirinya,” imbuh dia. 

BACA JUGA:Syarat dan Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang ke-58, Jika Lolos? Bisa Dapat Insentif Cuan Rp 4,2 Juta Lho

Diketahui Golkar tengah dirundung isu perpecahan internal. Sejumlah politisi senior mendorong agar Airlangga diganti dari pucuk pimpinan partai beringin. Alasannya, Airlangga tak memberikan sikap yang jelas terkait langkah Golkar menghadapi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. 

Dua menteri di Kabinet Indonesia Maju telah menyampaikan kesiapannya menggantikan Airlangga. Pertama, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan yang juga menjabat sebagai Ketua Dewan Penasihat Partai Golkar. Kedua, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: