Jokowi Targetkan Ekonomi RI Tumbuh 5,2 Persen di 2024

Jokowi Targetkan Ekonomi RI Tumbuh 5,2 Persen di 2024

Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR, DPR, dan DPRD. -Youtube-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemerintah menargetkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia mencapai 5,2 persen pada 2024 mendatang. 

Perkiraan tersebut dihitung dengan mempertimbangkan potensi perekonomian serta memperhitungkan risiko-risiko yang akan datang.

Jokowi mengatakan untuk mencapai target tersebut, maka pemerintah akan berupaya menjaga stabilitas ekonomi makro terutama di tahun politik.

BACA JUGA:Jokowi Alokasikan Rp 186,4 Triliun untuk Anggaran Kesehatan 2024

“Situasi kondusif dan damai pada Pemilu dan Pilkada Serentak 2024 harus kita wujudkan. Implementasi beberapa undang-undang baru juga akan memberikan manfaat positif pada penguatan struktural,” kata Presiden Jokowi dalam kata Presiden Jokowi dalam pidato Keterangan Pemerintah atas Rancangan Undang-Undang tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2024 beserta Nota Keuangannya di Gedung Nusantara MPR/DPR/DPD, Jakarta, Rabu, 16 Agustus 2023.

Sementara itu, inflasi akan tetap dijaga pada kisaran 2,8 persen. Presiden menyebutkan bahwa peran APBN akan tetap dioptimalkan untuk memitigasi tekanan inflasi, baik akibat perubahan iklim maupun gejolak eksternal. 

BACA JUGA:Target Pendapatan Negara Dari Perpajakan Hingga Ribuan Triliun Rupiah pada 2024, Dari PNBP di Bawah Rp 5 T

Adapun untuk menjaga inflasi, Jokowi mengatakan akan menjaga pasokan pangan, hingga energi yang biasanya membuat harga bergejolak.

"Peran APBN akan tetap dioptimalkan untuk memitigasi tekanan inflasi, baik akibat perubahan iklim maupun gejolak eksternal. Koordinasi yang kuat antara anggota forum Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah akan terus dijaga," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: