Jokowi Alokasikan Rp 186,4 Triliun untuk Anggaran Kesehatan 2024

Jokowi Alokasikan Rp 186,4 Triliun untuk Anggaran Kesehatan 2024

Presiden Jokowi dalam Sidang Tahunan MPR, DPR, dan DPRD. -Youtube-

JAKARTA, DISWAY.ID - Pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp186,4 triliun untuk sektor kesehatan dalam rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) 2024.

“Untuk menghadirkan SDM yang sehat dan produktif, anggaran kesehatan direncanakan sebesar Rp186,4 triliun atau 5,6 persen dari APBN,” kata Jokowi dalam pidato penyampaian Rancangan Undang-Undang APBN 2024 dan Nota Keuangan dalam Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 16 Agustus 2023.

BACA JUGA:Jokowi Gelontorkan Rp493 Triliun Atasi Kemiskinan di 2024, untuk Apa Saja?

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menyebut anggaran Rp 186,4 triliun itu juga bakal dialokasikan untuk meningkatkan akses dan kualitas layanan primer dan rujukan, menjamin tersedianya fasilitas layanan kesehatan yang andal dari hulu ke hilir, dan mengefektifkan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). 

"Serta, mempercepat penurunan prevalensi stunting agar mencapai 14 persen di tahun 2024, yang dilakukan melalui perluasan cakupan seluruh kabupaten/kota di Indonesia dengan penguatan sinergi berbagai institusi," ujarnya.

BACA JUGA:Prabowo Subianto Akui Ingin Bertemu Yenny Wahid Dalam Waktu Dekat

Menurutnya, anggaran kesehatan itu akan menghadirkan sumber daya manusia yang sehat dan produktif. Ia menambahkan, anggaran akan difokuskan untuk melakukan transformasi sistem kesehatan. 

“Anggaran tersebut diarahkan untuk transformasi sistem kesehatan, mendorong berkembangnya industri farmasi yang kuat dan kompetitif,” Ujar Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: