Jenazah 3 Warga Korban KKB Diterbangkan Pulang ke Kampung Halaman

Jenazah 3 Warga Korban KKB Diterbangkan Pulang ke Kampung Halaman

Jenazah korban KKB yang dipulangkan kembali ke kampung halaman, Jumat 18 Agustus 2023-Humas Polri-

JAYAPURA, DISWAY.ID- Jenazah ketiga warga sipil yang menjadi korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Nduga telah diterbangkan menuju Kabupaten Mimika pada Kamis 17 Agustus 2023. 

Evakuasi ini dimulai dari Kabupaten Nduga dan berakhir di Kabupaten Mimika, kemudian jenazah diterbangkan ke kampung halamannya di Makassar Prov. Sulsel.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Kabid Humas) Polda Papua, Kombes. Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan, jenazah pertama yang diberangkatkan adalah Samsul Ahmad diterbangkan sekitar pukul 10.30 WIT menggunakan pesawat Smart Aviation dengan kode PK-SNP. 

BACA JUGA:KKB Tembaki Anggota Paskibra saat Kibarkan Bendera Merah Putih di Distrik Ilaga Papua

BACA JUGA:Polisi Selidiki Penganiayaan Berat di Yahukimo, Diduga Ulah KKB Dekai

"Sementara itu, untuk Jenazah Steven Didiway dan Michael Rumaropen, keduanya diterbangkan dalam penerbangan kedua ke Kabupaten Mimika yang selanjutnya menuju RSUD Timika guna proses pemulasaraan," ungkap Kabid Humas dalam keterangan tertulis, Jumat 18 Agustus 2023. 

BACA JUGA:2 KKB Tewas di Markas Yahukimo Saat Satgas Damai Cartenz 2023 Lakukan Pengerebekan

Selanjutnya, jenazah Michael Rumaropen diterbangkan ke kampung halaman di Kabupaten Biak Numfor. Sedangkan, jenazah Steven Didiway dibawa ke kampung halamannya di Kabupaten Jayapura, Tanah Merah, untuk dimakamkan pada hari ini, Jumat 18 Agustus 2023. 

"Kedua jenazah ini diterbangkan menggunakan pesawat Lion Air dengan nomor penerbangan JT-984," jelas Kabid Humas. 

Sebelumnya, Tiga warga sipil di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, tewas ditembak oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). Penembakan tersebut terjadi pada momen HUT ke-78 RI.

Kabid Humas Polda Papua Ignatius Benny Ady Prabowo mengungkapkan peristiwa ini berawal saat personel TNI-Polri menerima laporan terkait ada 3 warga sipil yang sejak sore berangkat dari Batas Batu menuju Kota Kenyam, Rabu 16 Agustus 2023. Mereka  belum sempat sampai di tempat tujuan.

Saat penyisiran berlangsung, para personel TNI-Polri kembali menerima laporan adanya penembakan di Kompleks Yosoma.

Aparat gabungan langsung menuju ke lokasi tersebut hingga akhirnya terlibat baku tembak dengan KKB.

Ketiga warga sipil yang menjadi korban penembakan KKB itu bernama Steven Didiway, Michael Rumaropen, dan Samsul Ahmad.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: