KKB Tembaki Anggota Paskibra saat Kibarkan Bendera Merah Putih di Distrik Ilaga Papua

KKB Tembaki Anggota Paskibra saat Kibarkan Bendera Merah Putih di Distrik Ilaga Papua

Ilustrasi Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua -Dok/Facebook/KKB Papua-Dok/Facebook/KKB Papua

JAKARTA, DISWAY.ID - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menambaki anggota Paskibra Kabupaten Puncak, Papua yang tengah melakukan pemasangan bendera Merah Putih jelang perayaan HUT RI pada 17 Agustus 2023.

Peristiwa penembakan itu terjadi di lokasi latihan di Distrik Ilaga, Papua, Sabtu 12 Agustus 2023 pagi hari.

Dansatgas Mobile YR 300/Bjw Letkol Inf Afri Swandi Ritonga mengungkapkan, KKB melepas tembakan pada Sabtu 12 Agustus 2023 ketika tim Paskibra Kabupaten Puncak berlatih di pagi hari.

BACA JUGA:Buruknya Kualitas Udara Jakarta Dilihat dari Atas Pesawat, Anies Baswedan Singgung Faktor Ini

"Kejadian awal bermula ketika pada pagi hari, tim Paskibra Puncak melaksanakan latihan dalam rangka Upacara HUT ke-78 RI. Pada saat bersamaan di lapangan voli Ilaga dilaksanakan perlombaan voli kemudian KKB melepaskan beberapa tembakan," kata Afri melalui keterangan tertulis, Rabu 16 Agustus 2023.

Namun, meski adanya acaman dari Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), tak menyurutkan niat TNI untuk merayakan momen kemerdekaan RI.

Bahkan, di wilayah yang rawan KKB, TNI membentangkan bendera berukuran panjang 100 meter dan lebar 7 meter.

BACA JUGA:Presiden Jokowi Hadiri Sidang Tahunan DPR/MPR, Istri dan Wapres Turut Mendampingi

"Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme terhadap masyarakat Kabupaten Intan Jaya, sehingga mari kita bersama-sama menjaga situasi keamanan di wilayah Kabupaten Intan Jaya ini," ujar Dansatgas Yonif 330/TD Mayor Inf Dedy Pungky Irawanto.

Menurut Dedy, semua stakeholder yang ada di Intan Jaya turut serta dalam aksi pembentangan tersebut dan hal ini ia anggap sebagai bentuk rasa nasionalisme yang besar di tempat yang rawan aksi kriminal bersenjata.

"Wilayah Sugapa, Intan Jaya, selama ini tidak jarang terjadi gangguan keamanan dan aksi teror dari KKB, namun di saat momen mendekati HUT Kemerdekaan ke-78 RI tahun 2023 ini, masyarakat Sugapa beserta aparat setempat melaksanakan perayaan dengan mengibarkan bendera merah putih raksasa sebagai simbol jiwa patriotik dan semangat nasionalisme terhadap NKRI," kata Dedy.

BACA JUGA:Anggota Komisi I DPR RI Ismail Thomas Tersangka Korupsi Tambang

Pj Bupati Kabupaten Intan Jaya Apolos Bagau yang turut hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi aksi pembentangan bendera raksasa yang ia harapkan bisa menunjukkan kepada semua pihak bahwa Intan Jaya merupakan kawasan yang aman.

"Kami menyampaikan rasa bangga dan terima kasih atas upaya Satgas Yonif PR 330 yang telah menyelenggarakan kegiatan deklarasi Merah Putih dengan membentangkan bendera merah putih raksasa ini," pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: