Gelar Kejurnas Piala Menpora, Perlasi Harap Layangan Aduan Jadi Olahraga Prestasi Diakui KONI

Gelar Kejurnas Piala Menpora, Perlasi Harap Layangan Aduan Jadi Olahraga Prestasi Diakui KONI

Ratusan peserta mengikuti Kejuaraan Layangan Aduan Tingkat Nasional -Istimewa-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Kejuaraan Layangan Aduan Tingkat Nasional Piala Menpora resmi dibuka pada Jumat, 18 Agustus 2023.

Kejuaraan ini dibuka oleh Ketua Umum Persatuan Layangan Aduan Seluruh Indonesia (Perlasi) Muhamad Essa, Asisten Kesra Walikota Jakarta Utara Muhamad Andri, Sekdispora DKI Jakarta Rusdiyanto dan Koh Akiat, pemain layangan aduan legendaris Indonesia. 

Ketua Umum Persatuan Layangan Aduan Seluruh Indonesia (PERLASI) Essa Muhammad mengatakan terus berupaya agar layangan aduan bisa menjadi salah satu cabang olahraga prestasi yang diakui Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

"Kami berharap mendapat dukungan agar layangan aduan masuk sebagai olahraga prestasi dan diakui," ujar Essa dalam keterangannya, Sabtu. 

Essa menambahkan, olahraga ini bisa membawa berkah bagi para pengrajinnya. 

"Ajang kejuaraan seperti ini menjadi berkah bagi para pengrajin. Bahkan produknya sudah ada yang diekspor keluar negeri baik itu ke Malaysia dan Singapura, bahkan ke Inggris, Belanda, Brazil dan Peru," ujar dia. 

Ia menegaskan tujuan Perlasi adalah memperjuangkan layangan aduan tidak hanya dipandang sebagai olahraga rekreasi atau hiburan semata tetapi diakui sebagai olahraga prestasi yang mendunia. 

"Selain itu Perlasi ingin mengangkat harkat pemain layangan aduan agar diakui sebagai atlit berprestasi dan pengrajin layangan maupun benangnya agar dibantu pengembangan usahanya sebagai UKM oleh pemerintah," tutupnya. 

Sebagai informasi, Perlasi menggelar Turnamen Layanan Aduan Piala Menpora Kejurnas 2023 di Lapangan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, yang berlangsung pada 17-20 Agustus.

Turnamen ini diikuti ratusan peserta yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, mulai dari Aceh, DKI Jakarta, Situbondo, Balikpapan, hingga Sumatera Selatan.

Kejurnas ini akan mengunakan sistem gugur dan selain memperebutkan piala menpora juga memperebutkan hadiah total sebesar 160 juta Rupiah yang terbagi dalam juara 1, 2, 3, 4 dan juara harapan 1-4. Juara pertama akan mendapatakan hadiah uang sebesar 45 juta Rupiah, juara dua sebesar 35 juta Rupiah, juara ketiga 15 juta Rupiah dan juara keempat sebesar 10 juta Rupiah.

Sisanya yang lolos 8 besar akan mendapat hadiah sebesar 4 juta Rupiah dan lainnya mendapatkan hadiah hiburan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: