Agenda Jokowi di KTT Ke-43 ASEAN 2023, Akan Pimpin 12 Sidang Penting

Agenda Jokowi di KTT Ke-43 ASEAN 2023, Akan Pimpin 12 Sidang Penting

JAKARTA, DISWAY.ID-- Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan melakukan 25 pertemuan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 Perhimpunan Negara-Negara Asia Tenggara atau ASEAN 2023 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta pada 5-7 September 2023.  

Secara rinci, ada sebanyak 12 sidang KTT yang akan dipimpin oleh Presiden Jokowi. Sisanya, direncanakan terdapat 13 pertemuan bilateral dengan negara-negara yang menghadiri pertemuan tersebut.  

BACA JUGA:AP II Pastikan Tidak Ada Penutupan Reguler di Bandara Soetta Selama KTT ke-43 ASEAN

“Dalam tiga hari, Presiden Jokowi akan melakukan sebanyak 25 pertemuan dalam KTT ke-43 ASEAN,” ujar Menteri Luar Negeri Retno L Marsudi ketika memberikan keterangan pers di Media Center Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) KTT ke-43 ASEAN, JCC, Jakarta pada Jumat 1 Agustus 2023 kemarin. 

Total ada 22 negara yang hadir, ada 11 negara asean Indonesia, Singapura, Tahiland, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja, dan Timor Leste. 

BACA JUGA:Daftar Delegasi Negara di KTT ASEAN 2023 5-7 September 2023

Kemudian, ada sembilan negara yang mitra yang diundang diantaranya Republik Korea, India, Jepang, RRT, New Zealand, Kanada, Australia, Rusia, dan Amerika Serikat (AS). 

Dengan tambahan dua negara lagi yakni, Bangladesh sebagai Ketua Indian Ocean Rim Association (IORA) dan Cooks Island sebagai Ketua Pasific Island Forum (PIF). 

BACA JUGA:Ada KTT ASEAN, Polisi Berlakukan Penutupan Jalan Sementara di Sekitar Bandara Soetta pada 3-8 September 2023

Indonesia juga akan mengundang organisasi internasional persatuan bangsa-bangsa (PBB), World Bank, International Monetary Fund (IMF), Word Economic Forum, IORA, dan PIF.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: