Ada KTT ASEAN, Polisi Berlakukan Penutupan Jalan Sementara di Sekitar Bandara Soetta pada 3-8 September 2023

Ada KTT ASEAN, Polisi Berlakukan Penutupan Jalan Sementara di Sekitar Bandara Soetta pada 3-8 September 2023

Dalam rangka mendukung kelancaran ajang KTT ke-43 ASEAN, pihak kepolisian masih melakukan rekayasa lalin KTT ASEAN di Jakarta hari ini Selasa 5 September 2023.-asean2023-

JAKARTA, DISWAY.ID - Satlantas Polresta Bandara Soekarno-Hatta melakukan rekayasa lalu lintas saat pelaksanaan konferensi tingkat tinggi (KTT) Ke-43 ASEAN.

Ketua Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polresta Bandara Soekarno-Hatta Kompol Bambang Askar Sodiq mengatakan rekayasa lalu lintas tersebut dalam bentuk penutupan sementara.

Nantinya, jalan yang dilintasi oleh delegasi negara atau tamu VIP saat datang, lalu lintas akan ditutup sementara selama kurang lebih 7,5 menit lamanya.

"Kita melakukan rekayasa, dengan melakukan penutupan sementara atau secara temporer di gerbang VIP room sampai ke arah Jaya itu secara estafet akan kita lakukan. Kita coba melakukan sterilisasi sampai upaya penutupan arus sementara maksimal 7,5 menit kita berhentikan sementara," kata Bambang saat dikonfirmasi, Senin, 4 September 2023.

BACA JUGA:TNI Gerebek Markas KKB Papua di Kampung Aluguru, 3 Orang Anak Buah Egianus Kogoya Tewas

Bambang mengatakan jalur yang dilintasi delegasi negara nantinya akan disterilkan dari kendaraan lainnya. Operasi tersebut disebut pengawalan prioritas penuh.

"Ini adalah rombongan tamu asing atau kepala negara sesuai dengan standar operating prosedur menggunakan pengawalan prioritas penuh kebesaran negara. Prioritas penuh maksudnya untuk sementara waktu kendaraan tidak ada yang melintas yang akan menghambat jalannya para delegasi, prioritas penuh. Jadi sebelum delegasi atau kepala negara itu melintas, dilakukan upaya sterilisasi clean dulu sampai kendaraan delegasi melintas," jelasnya.

Rekayasa lalu lintas tersebut, akan dilakukan mulai dari kedatangan tamu VIP delegasi negara KTT ASEAN yakni, hari ini 3 September 2023 hingga kepulangan pada 8 September 2023 mendatang.

Nantinya, dalam satu harinya, ada beberapa jadwal kedatangan hingga kepulangan dalam waktu yang berbeda.

Ia memastikan, personel gabungan dapat mengamankan selama KTT ASEAN ke-43 berlangsung. Sehingga, meninggalkan pengalaman delegasi yang berjalan lancar. 

"Pukul 08.00 - 20.00 personel Satlantas yang tergelar sebanyak 15 personel. Begitupun 20.00 WIB - 08.00 selama 12 jam tergelar 15 personel, dipimpin oleh masing-masing perwira di setiap titik plotting," tera

BACA JUGA:Desa e-Voting

Selain itu, pihak kepolisian pun juga menyiagakan mobil derek untuk mengantisipasi terjadinya hambatan di lintasan yang dilalui tamu VIP.

"Kami koordinasikan dengan kementerian lembaga dam stakeholder. Contohnya kami akan menyiapkan derek apabila sewaktu-waktu di lintasan yang dilalui delegasi ada kendala kendaraan yang mogok, langsung kita sterilisasikan," tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: