Daftar Delegasi Negara di KTT ASEAN 2023 5-7 September 2023

Daftar Delegasi Negara di KTT ASEAN 2023 5-7 September 2023

Beberapa jalan di Jakarta bukan hanya ditutup, tetapi beberapa arus lalu lintas juga akan dialihkan selama penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Ke-43.-asean2023-

JAKARTA, DISWAY.ID – Mulai Selasa 5 – 7 September 2023 KTT ASEAN ke-43 akan digelar di Jakarta Convention Center.

Adapun daftar delegasi negara di KTT ASEAN 2023 5-7 September 2023 dari jadwal yang ada, terdapat 22 negara yang terdiri dari pimpinanan hingga kementerian terkait akan turut hadir.

Sedangkan negara Asean sendiri yang akan ambil bagian dalam ajang KTT ASEAN ke-43 ini sebanyak 11 negara yang terdiri dari Indonesia, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Brunei Darussalam, Vietnam, Laos, Myanmar, Kamboja dan Timor Leste.

Selain dihadiri oleh anggota tetap Asean, KTT ASEAN ke-43 juga dihadiri oleh negara mitra wicara atau negara dan organisasi regional serta internasional yang menjadi mitra kerja sama ASEAN di berbagai bidang.

BACA JUGA:Tekan Polusi Udara Jakarta, Kantor Pusat PLN Pakai Mist Generator Buatan BRIN

BACA JUGA:TNI Gerebek Markas KKB Papua di Kampung Aluguru, 3 Orang Anak Buah Egianus Kogoya Tewas

Adapun 9 negara mitra wicara yang akan hadir dalam ajang KTT ASEAN ke-43 antara lain Amerika Serikat, Australia, India, Jepang, Kanada, Korea Selatan, Rusia, Selandia, Baru dan China.

Mengusung tema 'ASEAN Matters: Epicentrum Of Growth’ KTT ASEAN ke-43 yang membawa empat ruh utama yang akan dikedepankan selama pertemuan puncak ini juga akan dihadiri oleh dua negara undangan antara lain Bangladesh dan Kepulauan Cook.

Retno Marsudi selaku Menteri Luar Negeri RI, Retno Marsudi menjelaskan jika ruh pertama adalah adalah pentingnya meletakkan visi jangka panjang Kawasan, dan Indonesia akan memastikan hal tersebut saat gelaran berlangsung pada 5 – 7 September 2023.

BACA JUGA:TNI Benarkan Tembak Mati 3 Anak Buah Egianus Kagoya, Penggerebekan Pasca Tewasnya Tiga Warga Sipil

BACA JUGA:Desa e-Voting

"Ruh kedua adalah memperkuat ketahanan ASEAN dalam menghadapi tantangan zaman," kata Menlu.

Sementara yang ketiga adalah mendorong ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. 

Retno juga menegaskan bahwa Indonesia akan menyoroti penguatan ketahanan pangan di kawasan sebagai salah satu elemen pentingnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: