Tekan Polusi Udara Jakarta, Kantor Pusat PLN Pakai Mist Generator Buatan BRIN

Tekan Polusi Udara Jakarta, Kantor Pusat PLN Pakai Mist Generator Buatan BRIN

Mist generator menghasilkan semburan air yang mampu mengurangi konsentrasi polutan PM 2.5-pln-

JAKARTA, DISWAY.ID – PT PLN (Persero) mendukung upaya Pemerintah dalam menekan polusi udara khususnya di DKI Jakarta. 

Salah satu caranya dengan melakukan penyemprotan air dari puncak tower Kantor Pusat PLN menggunakan alat mist generator yang dikembangkan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

EVP Komunikasi Korporat dan TJSL Gregorius Adi Trianto menjelaskan berbagai upaya telah dilakukan PLN untuk bisa menjaga kinerja operasional perusahaan lebih ramah lingkungan. 

BACA JUGA:Pecco Bagnaia Ungkap Kronologi dan Penyebab Dirinya Highside-Terlindas di MotoGP Barcelona 2023

BACA JUGA:TNI Gerebek Markas KKB Papua di Kampung Aluguru, 3 Orang Anak Buah Egianus Kogoya Tewas

Mulai dari penerapan teknologi tinggi yang mampu menekan emisi di sektor pembangkitan, penggunaan kendaraan listrik sebagai kendaraan dinas dan operasional serta efisiensi energi di lingkungan kerja.

"Kami mendukung segala upaya pemerintah dalam membuat udara Jakarta yang lebih baik. Berbagai langkah strategis telah kami lakukan dari sisi operasional. Kami juga memasang mist generator besutan BRIN di lantai 16 Kantor Pusat PLN untuk bisa mengurangi polusi udara," kata Gregorius.

Khusus untuk mist generator yang dipakai oleh PLN memiliki kapasitas spraying 10 liter per menit. 

Dengan daya tampung 300 liter maka mist generator yang digunakan PLN mampu beroperasi 24 jam dan bisa mengurangi polusi dengan signifikan, alat ini tidak hanya akan di pasang di Kantor Pusat PLN, tetapi juga kantor PLN lainnya di wilayah Jakarta dan sekitarnya. 

BACA JUGA:PLN Mobile Raih Penghargaan Outstanding For Integrated Initiative di Ajang Indonesia Award 2023

BACA JUGA:Spesial Hari Pelanggan Nasional, PLN Beri Diskon Tambah Daya Hanya Rp 202.300

“Kolaborasi antara pemerintah dan PLN ini mencerminkan upaya konkrit dari berbagai pihak untuk mengatasi tantangan polusi udara. Hasil dari upaya ini akan memberi peluang untuk mendapatkan data yang akurat serta mengembangkan solusi lingkungan bersih dan sehat,” imbuh Gregorius.

Sebelumnya mist generator ini telah dilakukan uji coba, Perekayasa Ahli Utama Riset BMKG Tri Handoko Seto mengatakan hasilnya alat ini dapat mengurangi konsentrasi PM 2,5 secara lokal. 

Penggunaan mist generator ini juga lebih cepat dan efisien dalam menurunkan kadar PM 2,5 dibandingkan dengan penggunaan water spray-nozzle fire yang memerlukan lebih banyak air dan tenaga/pompa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: