BMKG : Musim Hujan di Indonesia Diprediksi Terjadi Awal November 2023, El Nino Berakhir

BMKG : Musim Hujan di Indonesia Diprediksi Terjadi Awal November 2023, El Nino Berakhir

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati -BMKG, tangkapan layar-

JAKARTA, DISWAY.ID-Musim hujan di Indonesia diprediksikan akan terjadi pada awal November 2023 dan mengakhiri fenomona El Nino

Hal tersebut disampaikan, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati. 

“Angin baratan (penanda awal musim hujan) yang berasal dari Benua Asia diprediksi akan datang lebih lambat dari normalnya. Jadi awal musim hujan secara umum diprediksi akan terjadi pada bulan November 2023,” kata Dwikorita saat melakukan konferensi pers secara daring, Jumat 8 September 2023.  

BACA JUGA:Antisipasi El Nino pada Agustus - September, Ini Pesan BPBD

Menurut Dwikorita, musim hujan tidak terjadi secara serentak di Seluruh Wilayah Indonesia.  Hal itu diakibatkan lantaran tingginya keragaman iklim di Indonesia. 

“El Nino merupakan anomali suhu permukaan laut dan angin di Samudera Pasifik. Kehadirannya pada tahun ini membuat curah hujan di banyak negara berkurang drastis,” ujar Dwikorita. 

Lebih lanjut, Dwikorita mengatakan perdasarian III pada Agustus nilainya +1,50.

Pada saat yang sama, BMKG mengungkapkan fenomena sejenis di Samudera Hindia, Indian Ocean Dipole (IOD), turut berpengaruh ke Indonesia. 

“Superposisi (keserentakan) yang jarang terjadi ini membuat awal musim kemarau di Indonesia terjadi lebih cepat. Jadi akan terjadi pergantian saat ini yang berpengaruh angin dari Australia, gurun Australia," ucapnya.

Selain itu, Dwikorita mengatakan angin timuran yang beradal dari Australia masih akan aktif hingga November 2023. 

BACA JUGA:Awas Penyakit di Musim Hujan Menyerang, Berikut 8 Obat Tradisonal yang Ampuh Menyehatkan Badan

Terutama di Indonesia bagian selatan (wilayah yang paling dekat dengan Benua Australia). 

"Wilayah yang sudah mengalami hujan yakni sebagian besar Aceh, tentunya yang lebih dekat ke Asia. Sebagian besar Sumut, sebagian Riau, Sumbar bagian tengah, dan sebagian kecil Kepulauan Riau," katanya. 

BMKG pun mengungkap sejumlah wilayah yang akan mengalami curah hujan bulanan dengan kategori rendah (0- 100 mm/bulan). Utamanya pada Agustus, September dan Oktober.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: