Kerja Sama dengan Perusahaan Korea, PLN Siapkan Implementasi Teknologi CCUS di PLTU

Kerja Sama dengan Perusahaan Korea, PLN Siapkan Implementasi Teknologi CCUS di PLTU

Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN, Hartanto Wibowo (kedua dari kiri) dan Chief Executive Officer of Karbon Korea, Byung Jo Jung (kedua dari kanan) menunjukkan nota kesepahaman (MoU) terkait impelementasi teknologi Carbon Capture, U-Istimewa-PLN

JAKARTA, DISWAY.ID - PT PLN (Persero) menjalin nota kesepahaman (MoU) dengan Karbon Korea Co., Ltd. terkait impelementasi teknologi Carbon Capture, Utilizaton and Storage (CCUS). 

Kerja sama ini dilakukan dalam rangka mengakselerasi transisi energi untuk  mencapai net zero emissions pada tahun 2060.

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, PLN mendukung penuh upaya pemerintah untuk mengembangkan sektor energi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. 

Termasuk melalui pemanfaatan teknologi ramah lingkungan seperti CCUS untuk menekan emisi karbon dari pembangkit berbahan bakar batubara.

BACA JUGA:Tentukan Arah Koalisi Baru, Partai Demokrat Tunda Rapimnas

“Ini adalah konsep besar di mana kami menunjukkan kepada dunia, bahwa saat ini PLN memimpin upaya memerangi perubahan iklim di Indonesia. kami telah menunjukkan kepada dunia bahwa kami memiliki kemauan, kami telah menghapus 13 Giga Watt energi fosil dari Rencana Usaha Penambahan Tenaga Listrik (RUPTL), dan hari ini kami akan melakukan pembersihan yang lebih besar lagi,” ujar Darmawan pada sesi MoU di Kantor Pusat PLN, Jakarta, Kamis, (7/9).

Darmawan memaparkan, dalam upaya memerangi perubahan iklim global dibutuhkan kolaborasi sebagai kuncinya. Oleh sebab itu, lewat kolaborasi semacam ini, Darmawan optimis peta jalan transisi energi, memerangi perubahan iklim akan lebih mudah dibanding berjalan sendiri.

“Jadi saya telah mendengar banyak laporan tentang Karbon Korea yang merupakan salah satu lembaga terbaik, yang melibatkan teknologi penangkapan dan penyimpanan karbon. Banyak pola dan banyak inovasi,jadi saya menaruh banyak harapan pada kerja sama semacam ini,” ungkap Darmawan. 

Maksud dari kolaborasi implementasi CCUS ini, kata Darmawan, adalah untuk meningkatkan keberlanjutan pembangkitan listrik dan menurunkan emisi karbonnya. 

Upaya dekarbonisasi menggunakan CCUS ini dirasa strategis karena karbon yang ditangkap bisa dikonversi menjadi produk lain seperti metanol, asam format, hingga dimetil eter. 

BACA JUGA:Viral! Heboh Acara Budaya Jambi Ada Pentas Tarian Pria dengan Tanktop di Mall WTC Batanghari

Sementara untuk CO2 yang tidak dikonversi bisa digunakan untuk melakukan enhanched oil recovery (EOR) atau enhanched gas recovery (EGS).

”Tentu saja ini tak lepas dari visi besar pemerintah untuk melakukan transisi energi," ungkapnya saat 

Darmawan juga melanjutkan, saat ini PLN memiliki potensi 37,6 gigawatt (GW) pembangkit batubara dan gas yang siap dipasang teknologi CCUS. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: