Kerja Sama dengan Perusahaan Korea, PLN Siapkan Implementasi Teknologi CCUS di PLTU

Kerja Sama dengan Perusahaan Korea, PLN Siapkan Implementasi Teknologi CCUS di PLTU

Direktur Perencanaan Korporat dan Pengembangan Bisnis PLN, Hartanto Wibowo (kedua dari kiri) dan Chief Executive Officer of Karbon Korea, Byung Jo Jung (kedua dari kanan) menunjukkan nota kesepahaman (MoU) terkait impelementasi teknologi Carbon Capture, U-Istimewa-PLN

Dengan teknologi ini, emisi karbon yang dihasilkan dari proses produksi listrik dapat dikurangi secara masif. 

Dalam MoU dengan Karbon Korea ini, Darmawan menambahkan, kedua pihak sepakat untuk segera melakukan studi bersama terkait pengembangan energi berkelanjutan, sharing knowledge dan peningkatan kapasitas pegawai PLN. Dijelaskan juga bahwa studi bersama ini merambah tidak hanya dari sisi teknis, tetapi juga komersial CCUS.

Selain itu, PLN juga tetap membuka pintu kerjasama dengan berbagai pihak lain terkait implementasi CCUS. Darmawan mengatakan besarnya biaya implementasi menjadi kendala penerapannya. 

Untuk itu, diperlukan kolaborasi dengan berbagai pihak dan insentif dari pemerintah agar penerapan teknologi CCUS lebih terjangkau. 

Advisor Korea Carbon, Won-Dong Cho mengutarakan apresiasinya atas upaya transisi energi yang gencar dilakukan PLN pada masa Darmawan Prasodjo menjabat. 

Dirinya mengatakan MoU ini adalah merupakan langkah lanjutan dari pertemuan yang telah dilakukan sebelumnya.

”Saya harus mengucapkan terima kasih kepada PLN di bawah kepemimpinan Pak Darmawan. Ini adalah awal, kami mencoba, dan kali ini kami hadir di Jakarta untuk komitmen,” kata Won-Dong Cho.

BACA JUGA:144 Rekening Panji Gumilang dan Afiliasinya Diblokir, 96 di Antaranya Milik Pribadi

Won-Dong Cho mengungkapkan, Karbon Korea, pada awalnya datang ke Indonesia untuk menghadiri acara seremonial Presiden RI Joko Widodo. 

Namun komitmen mereka dalam mengakselerasi transisi energi, membawa mereka untuk dapat menandatangani kesepahaman berbagai kerja sama dengan PLN dalam memerangi perubahan iklim global.

”Kehadiran kami di sini untuk mewujudkan komitmen kami,” tutup Won-Dong Cho.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: