Mendagri Harap Polri Aktif Petakan Potensi Konflik Pemilu 2024

Mendagri Harap Polri Aktif Petakan Potensi Konflik Pemilu 2024

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.-dok Kemendagri-

JAKARTA, DISWAY.ID-- Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengatakan aparat Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) memiliki peran penting dalam pengamanan Pemilu 2024.

Oleh karena itu, dia berharap Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) bisa memetakan potensi konflik dengan tepat dan akurat saat Pemilu 2024.

“Dari Kepolisian saya harapkan betul, tidak hanya bekerja responsif, tetapi bekerja Proaktif untuk mendinginkan suasana dan membaca potensi konflik dengan Tepat dan Akurat,” ujar Mendagri Tito dalam keterangannya, Jumat, 29 September 2023.

BACA JUGA:Jokowi dan Ma'ruf Amin Bakal Hadiri Rakernas IV PDI Perjuangan

Berdasarkan pengamatannya, ia melihat beberapa konflik yang muncul tidak langsung terjadi begitu saja, tetapi ada proses yang melatarbelakangi. Oleh karena itu, lanjutnya, perlu prediksi berupa pemetaan potensi konflik lebih baik supaya konflik tidak meletup.

Selain itu, dia berharap intelijen, baik di daerah maupun pusat, betul-betul kuat selama tahapan Pemilu Serentak 2024, terlebih digelar pula pilkada yang memerlukan pengamanan.

“Betul-betul dipetakan daerah itu yang mana yang aman, mana yang rawan, mana yang sangat rawan sekali, sehingga yang sangat rawan bisa menjadi tambah kekuatan disitu,” ujarnya.

BACA JUGA:Ide Aksi

Mantan Kapolri ini menekankan, akurasi pemetaan kerawanan menjadi sangat penting untuk mendukung keberhasilan pilkada. Dirinya tak ingin Polri baru bergerak setelah konflik terjadi. 

Selain itu, perlu juga adanya penyebaran pasukan di wilayah tertentu berdasarkan tingkat kerawanannya, sehingga sigap bergerak dan tak menunggu pasukan bantuan dari pusat.

Dia juga meminta jajaran Polri memperkuat kerja sama dengan TNI, Satpol PP, dan Satlinmas dalam mengamankan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024. 

BACA JUGA:Keluarga Isamail Marzuki Buru Pelaku Penjiplak Lagu Halo-Halo Bandung Diubah Jadi Helo Kuala Lumpur

Tito meyakini apabila semua itu dilaksanakan, Polri dapat menjalankan tugas dengan baik.

“Jadi kuncinya adalah sekali lagi masalah akurasi dan mohon dilakukan simulasi-simulasi untuk memperkuat sinergi antara TNI/Polri, Satpol PP, dan satlinmas,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: