Datangi Polda Metro, SYL Diperiksa Sebagai Saksi Dugaan Pemerasan

Datangi Polda Metro, SYL Diperiksa Sebagai Saksi Dugaan Pemerasan

Hari ini kedatangan Menteri Pertanian Republik Indonesia ke Polda Metro Jaya ternyata dalam rangka pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK.-Rafi Adhi Pratama-

JAKARTA, DISWAY.ID - Hari ini kedatangan Menteri Pertanian Republik Indonesia ke Polda Metro Jaya ternyata dalam rangka pemeriksaan sebagai saksi dalam kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan KPK.

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan Mentan, Syahrul Yasin Limpo diperiksa oleh Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

"Enam orang telah dimintai keterangan atau klarifikasi oleh penyidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya, salah satunya Menteri Pertanian. Hari ini adalah ketiga kalinya atas dugaan tindak pidana yg terjadi," katanya kepada awak media, Kamis 5 Oktober 2023.

BACA JUGA:Kondisi Terkini Korban Kebakaran 124 Rumah di Jakarta Selatan, 200 Orang Terdampar Kehilangan Rumah

Pihaknya masih melakukan penyelidikan dalam kasus tersebut.

"Saat ini proses penyelidikan masih dilakukan, untuk update selanjutnya akan disampaikan," ucapnya.

"Terkait beberapa pertanyaan materi yg dimintai keterangan tim penyelidik Subdit Tipikor Ditreskrimsus Polda Metro Jaya masih menjadi materi penyelidikan," tambahnya.

Sementara Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditkrimsus) Polda Metro Jaya menyelidiki kasus dugaan pemerasan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya, Kombes Ade Safri Simanjuntak mengatakan awalnya pihaknya mendapat pengaduan masyarakat (Dumas).

"Dimana pada tanggal 12 Agustus 2023 tim penyelidik Ditreskrimsus menerima pengaduan masyarakat terkait adanya dugaan tindak pidana korupsi berupa pemerasan yg dilakukan oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi dalam penanganan korupsi di Kementerian Pertanian tahun 2021," katanya kepada awak media, Kamis 5 Oktober 2023.

BACA JUGA:Syahrul Yasin Limpo Mundur dari Jabatan Menteri Pertanian, Surat Diserahkan ke Mensetneg

Pihaknya kemudian melakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap enam saksi.

"Adapun tindak lanjut dumas yang diterima kemudian dilakukan langkah-langkah untuk memverifikasi dumas yang dimaksud. 15 Agustus kami menerbitkan surat perintah sebagai dasar pengumpulan keterangan dalam dumas yang dimaksud," ujarnya.

"Setelah terbitnya surat penyidikan pada 21 Agustus 2023 tim penyelidik melakukan undangan klarifikasi kepada yang bersangkutan, salah satunya Menteri Pertanian Republik Indonesia, lima orang lainnya adalah driver maupun adc beliau, ataupun yang melayangkan pengaduan masyarakat kami menjaga kerahasiaan pelapor," sambungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: