Terbaru! Daftar 7 Keajaiban Warisan Dunia: Candi Borobudur Kok Gak Masuk?

Terbaru! Daftar 7 Keajaiban Warisan Dunia: Candi Borobudur Kok Gak Masuk?

Taj Mahal/istimewa-Istimewa-@tajmahalindiaofficial

Tembok Besar Cina membentang sepanjang 8.850 km dari Gunung Hu dekat Dandong, Provinsi Liaoning ke Jiayu Pass, Provinsi Gansu. 

Pada abad ke-3 SM, Shi Huangdi (Qin Shi Huang), kaisar pertama Tiongkok bersatu (di bawah dinasti Qin) menghubungkan sejumlah tembok pertahanan menjadi satu.

3. Taj Mahal

Taj Mahal yang terletak di India juga masuk dalam daftar 7 keajaiban dunia. Kompleks makam di Agra, negara bagian Uttar Pradesh barat tersebut dibuat oleh Kaisar Mughal Shah Jahan untuk mengabadikan mendiang istrinya Mumtaz Mahal. 

Sang istri meninggal ketika melahirkan pada 1631 setelah menjalin pernikahan bersama kaisar sejak 1612.

4. Chichen Itza

Chichen Itza berlokasi di sisi selatan-tengah negara bagian Yucatan, Meksiko. 

Chichen Itza merupakan bekas reruntuhan Kota Maya yang berdiri di atas lahan seluas 4 mil persegi (sekitar 10 kilometer persegi). 

Diperkirakan dulu menjadi pusat militer, politik, dan keagamaan bagi 35.000 orang. Pertama kali ditinggali pada tahun 550 M karena memiliki akses air yang mudah.

Nama Chichen Itza sendiri berasal dari kata chi (mulut) dan chen (sumur) yang merujuk pada cenotes besar di situs tersebut, sedangkan Itza menjadi nama Suku Maya yang menetap. 

Sejak 1988, UNESCO menetapkannya sebagai situs warisan dunia.

BACA JUGA:ICW: Alat Sadap Buatan Israel 'Pegasus' Pernah Digunakan di Indonesia Pada Pemilu 2019

5. Petra

Kota kuno pusat kerajaan Arab di zaman Helenistik dan Romawi, Petra terletak di barat daya Yordania. Tempat itu dipercaya oleh orang Israel sebagai lokasi Musa memukul batu dan air menyembur keluar. 

Karena lembahnya dikelilingi tebing batu pasir bercorak merak, pendeta Inggris abad ke-19 John William Burgon menyebutnya sebagai Kota Mawar Merah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: